Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Cilegon, Hany Seviatry didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Cilegon Diah Monalisa mempraktekan pembuatan kue tradisional khas Cilegon, Gipang Singkong kepada para istri pejabat Kota Cilegon, Selasa (6/2/2024). Foto Dokumentasi PKK Kota Cilegon.

CILEGON, SSC – Para istri pejabat Kota Cilegon yang terkabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Cilegon dibekali pelatihan pembuatan kue tradisional Kota Cilegon, Gipang Singkong yang digelar di Aula DWP Kota Cilegon, pagi tadi.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Cilegon Diah Monalisa mengatakan, pelatihan ini sebagai bentuk peningkatan keterampilan juga agar para anggota memiliki wawasan dan kemampuan dalam mengelola pangan lokal yang diharapkan dapat meningkatkan daya kreatifitas dan mampu menjadi stimulus kemandirian bagi ibu rumah tangga dalam hal perekonomian.

“Sesuai dengan tujuan DWP, yakni, bisa mensejahterakan anggota dan keluarga  dengan mengupgrade diri dan kemandirian bagi teman-teman di DWP,” kata Diah Monalisa kepada Selatsunda.com,” Selasa (6/2/2024).

Baca juga  Satu Anggota KPPS di Kota Cilegon Dikabarkan Meninggal Dunia

Diah sapaan akrabnya ini pun mengaku, pelatihan ini juga untuk membuka peluang bagi anggota untuk bisa berusaha dengan menjual panganan kue tradisional khas Kota Cilegon.

“Saya ingin teman-teman ini bisa membuat dan mempraktekannya di rumah. Syukur-syukur bisa dibuat di rumah dan bisa jadk lahan usaha buat mereka. Apalagi, sebentar lagi mau Bulan Suci Ramadhan, otomatis permintaanya tinggi,” ujar Diah.

Dipilihnya Gipang ini, sambung Diah, karena gipang merupakan makanan tradisional Kota Cilegon yang harus dipertahankan.

“Meskipun makanan khas Cilegon banyak ragamnya, tapi kita ingin tonjolkan gipang singkong ini,” sambung Diah.

Diah mengku, jika DWP Kota Cilegon terus berusaha untuk memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mempromosikan usaha milik UMKM tersebut. Salah satunya, memamerkan usaha milik pelaku UMKM di di berbagai acara mulai HUT Provinsi Banten maupun event lainya.

Baca juga  KPU Cilegon Beri Santunan Rp 42 Juta Kepada Keluarga Anggota KPPS yang Meninggal Dunia

“Diharapkan kegiatan ini juga dapat memberikan wawasan dan keterampilan guna meningkatkan perekonomian keluarga” ucapnya. (Ully/red)