Kepadatan kendaraan di Jalan Cilegon-Merak, Kecamatan Gogol, Kota Cilegon mengarah ke Pelabuhan Merak, Minggu (7/4/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Arus lalu lintas pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon masih terlihat padat di Tol Tangerang-Merak, Minggu (7/4/2024). Informasi yang diperoleh Selatsunda.com, kendaraan mengalami kepadatan di dalam tol sekitar pukul 12.00 WIB mencapai kilometer 88.

Karena kepadatan itu, arus kendaraan yang melintas di dalam tol dialihkan keluar Gerbang Tol Serang Barat.

Pantauan Selataunda.com, arus kendaraan yang melewati jalur arteri mengalami kepadatan. Kepadatan kendaraan terlihat mulai dari simpang tiga Merak hingga Perumahan Arga Baja, Grogol. Tampak di simpang tiga Merak, petugas menyekat kendaraan. Kendaraan yang mengarah ke Pelabuhan Merak diarahkan ke Jalan Cikuasa Atas.

Petugas Pengawas Gerbang Tol Merak menunjukan situasi arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak yang ada di layar

Pengawas Gerbang Tol Merak, Jumadi mengatakan, situasi kepadatan arus lalu lintas di jalan tol sudah mulai terjadi pada hari keempat (H-4) dan hari ketiga sebelum (H-3) Lebaran. Puncak, kata Jumadi diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Situasi kondisi terlihat, terpantau hari ini di H-3 kena puncaknya dimana H-4 pun untuk alur lantas sudah mencapai 21 ribuan. Itu sudah termasuk puncak dimana (prediksi) puncaknya itu disini bisa dua hari H-4 dan H-3,” ungkapnya.

Akibat kepadatan itu, pihak yang ber kewenangan melakukan pengalihan kendaraan. Kendaraan yang mengarah ke Pelabuhan Merak diarahkan keluar ke Gerbang Tol Serang Barat.

“Kemungkinan hari ini ada stag juga. Karena ada pengalihan juga dari jam 10.00 WIB sampai jam 12.00 wib, sekarang masih pengalihan ke Serang Barat. Jadi dialihkan sementara dari jam 10.00 WIB sampai jam 12.00 WIB, itu sudah hampir 2 jam, pengalihannya,” paparnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Saat ini, kata dia, arus kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikupa, terpantau masih padat.

“Dapat info dari Gerbang Tol Cikupa, arus antrean masih padat, volume kendaraan masih padat,” pungkasnya. (Ronald/Red)