CILEGON, SSC – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian turun langsung meninjau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Ciwandan pada Minggu malam, 7 April 2024.

Kehadiran Helldy di pelabuhan yang menjadi akses pemudik sepeda motor tersebut bertujuan untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran menuju Pulau Sumatera dari Pelabuhan Ciwandan.

Dalam kunjungan tersebut, Helldy  mengimbau para pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan di jalan, serta berharap agar para pemudik dapat sampai di tujuan dengan selamat. Helldy juga mengimbau kepada para pemudik untuk beristirahat apabila merasa kelelahan.

“Alhamdulillah malam ini kita memantau situasi di Pelabuhan Ciwandan yang berjalan cukup lancar. Kami berharap agar kelancaran ini dapat terus berlanjut hingga besok dan seterusnya. Semoga tidak ada kemacetan,” ujarnya.

Terkait kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak, menurut informasi yang diterima, Helldy menyatakan bahwa kemacetan tersebut disebabkan oleh banyaknya para pemudik dengan tiket tanggal 9 dan 10 yang tiba lebih awal, serta terdapat beberapa yang datang tanpa tiket.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Oleh karena itu kami minta seluruh pemudik agar datang sesuai dengan tanggal keberangkatan,” ucapnya.

Helldy juga mengungkapkan bahwa di Pelabuhan Bakauheni, sudah diberlakukan tujuh dermaga, di mana empat digunakan untuk proses bongkar muat dan tiga untuk bongkar saja, dengan harapan langkah tersebut dapat mempercepat arus perjalanan mudik tahun ini.

“Saya harap di Pelabuhan Merak bisa ditambah dermaganya, sebab saat ini hanya terdapat satu dermaga eksekutif dan enam dermaga reguler. Kami merasa perlu menambah dua dermaga lagi untuk kedepannya, mengingat adanya peningkatan jumlah kendaraan roda empat yang jauh lebih banyak dibandingkan roda dua,” pintanya.

Helldy menjelaskan, upaya penambahan dermaga tersebut merupakan langkah yang strategis mengingat meningkatnya jumlah pemudik setiap tahunnya, sehingga diperlukan fasilitas yang memadai untuk menunjang kelancaran arus mudik.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Selain itu, Helldy juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan instansi terkait dalam menangani arus mudik, termasuk dalam penyediaan fasilitas di pelabuhan-pelabuhan utama.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kota Cilegon ini agar proses mudik dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tegasnya.

Dengan berbagai langkah yang diambil, Helldy berharap agar pelaksanaan mudik tahun ini dapat berjalan lebih lancar dan meminimalisir kemacetan serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pemudik yang pulang kampung.Untuk meningkatkan pelayanan, Pemkot Cilegon sendiri sudah berupaya mengerahkan para petugas di jalur mudik Merak dan Ciwandan. Sejumlah posko mudik didirikan antara lain oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga Dinas Perhubungan (Dishub). (*)