CILEGON, SSC – Ribuan pencari kerja mengantre di job fair 2019 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon di Grand Mangku Putra, Rabu (26/6/2019) sejak pukul 07.00 WIB. Pantauan Selatsunda.com saat pintu dibuka, pencaker langsung berdesak-desakan. Akibatnya, beberapa pencaker perempuan dilokasi  pingsan. Fasilitas pintu hotel pun pecah karena  pencaker berdesakan ingin masuk ke stand-stand perusahaan.

Salah seorang pencari kerja dipapah petugas medis saat pingsan di Job Fair.

Salah satu pencari kerja, Novita menceritakan, awal terjadinya kejadian itu lantaran dari pihak panitia maupun dinas terkait dinilai sangat lamban dalam membuka pintu antrean. Sementara, antrean para pencaker semakin panjang.

“Itu gimana sih panitianya. Udah antreannya panjang masih juga belum dibuka pintunya. Kalau memang belum siap menyelenggarakan job fair jangan digelar. Apalagi, sebelum acara aja, sudah ada yang pingsan. Di tambah lagi, ini pintu kaca bagian depan pecah,” kata Novita.

Ia mengeluhkan sistem pendaftaran job fair kali ini kurang efektif dan persiapan pengamanan petugas tidak maksimal hingga membuat pencaker saling dorong.

“Dari pihak panitia menurutku kurang efektif sampai bisa dorong-dorongan sampai ada yang pingsan. Mereka saling desak-desakan di pintu utama,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Cilegon Bukhori dihubungi masih belum dapat dikonfirmasi. Telepon yang dituju belum diangkat.

Perlu diketahui penyelenggaraan job fair 2019, jumlah lowongan yang dibuka tahun ini sebanyak 1.013 peserta sementara yang melamar sebanyak 13.000 pencaker dan jumlah perusahaan yang berkontribusi dalam job fair 2019 sebanyak 43 perusahaan. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here