Ketua PWI Provinsi Banten, Rian Nopandra melantik Kepengurusan PWI Kota Cilegon 2024-2027 di Kota Cilegon, Rabu (3/7/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten, Rian Nopandra melantik Ahmad Fauzi Chan menjadi Ketua PWI Kota Cilegon Periode 2024-2027, Rabu (3/7/2024). Pelantikan ketua dan para pengurus PWI Kota Cilegon dilaksanakan di Hotel Aston, Kota Cilegon.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus PWI Kota Cilegon oleh Sekjen PWI Provinsi Banten, Fahdi Khalid.

Usai SK Pengangkatan dibacakan, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra melantik kemudian menyerahkan petaka PWI kepada Ketua PWI Kota Cilegon, Ahmad Fauzi Chan.

Ketua PWI Provinsi Banten, Rian Nopandra mengharapkan agar Kepengurusan PWI Kota Cilegon yang diketuai Ahmad Fauzi Chan ini harus bisa tampil beda dengan PWI yang ada di Kabupaten/Kota lain di Banten. Rian Nopandra yang disapa Opan meminta agar pengurus PWI Kota Cilegon bisa menjadi pilot project atau percontohan bagi pengurus PWI yang lainnya.

“Tentu dibawah kepemimpinan Ichan, harapan kami, PWI Cilegon harus menjadi lebih pembeda. PWI Cilegon harus tampil beda. Karena ini diisi orang-orang muda semua,” ucap Opan usai pelantikan.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

Opan menyatakan, Kota Cilegon adalah kota yang sungguh luar biasa dinamis. Seiring dengan pembangunan yang ada di Kota Cilegon, kata Opan, PWI Cilegon harus lebih eksis. Terutama lebih mewarnai perkembangan dunia jurnalistik di Kota Cilegon. Karena sebagai organisasi wartawan yang tertua di Indonesia, PWI mempunyai peran penting dalam mencerdaskan masyarakat.

“Seiring perjalanan Cilegon, PWI Cilegon bisa lebih eksis bisa lebih tampil, bisa lebih mewarnai perkembangan dunia jurnalistik di Cilegon. Karena sebagai organisasi tertua di Indonesia, kita punya tanggung jawab moral. Bagaimana PWI ikut berperan mencerdaskan masyarakat, memberikan informasi sesuai dengan fakta dan ikut memberantas hoaks,” tuurnya.

Namun yang  lebih penting juga, kata Opan, lantaran saat ini menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dirinya meminta kepada seluruh Wartawan di Kota Cilegon agar menjaga netralitas  sebagai orang yang berprofesi sebagai wartawan di Kota Cilegon.

Baca juga  Pelaku Pembunuhan Penyanyi Kapal di Merak Cilegon Ditangkap

Sementara, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengharapkan, PWI Kota Cilegon menjadi pemersatu seluruh wartawan yang ada di Kota Cilegon. Menurut Helldy PWI sebagai organisasi wartawan harus mampu menjadi pemersatu wartawan di Cilegon untuk merajut kebersamaan dalam rangka kolaborasi kesepahaman dalam membangun Kota Cilegon.

Helldy mengaku, untuk mendukung profesi wartawan di Kota Cilegon dirinya menginginkan ke depan akan ada gedung khusus untuk seluruh wartawan di Kota Cilegon. Agar seluruh wartawan dapat bersatu untuk kemajuan Kota Cilegon.

“Prinsipnya untuk kemajuan Kota Cilegon, kita tetap harus berkolaborasi. Tidak mungkin saya besar tanpa wartawan,” pungkasnya.

Pada kegiatan pelantikan tersebut, PWI Kota Cilegon juga melaksanakan Diskusi terkait Pilkada Kota Cilegon 2024. Tampak diskusi dihadiri sejumlah Bakal Calon Walikota Cilegon baik Bacalon dari PAN, Alawi Mahmud, Walikota Cilegon Petahana sekaligus Bacalon dari Partai Gerindra, Helldy Agustian, Bacalon dari Nasdem, Muhibudin, Bacalon dari Golkar, Robinsar dan Bacalon dari PKS, Nurrotul Uyun. (Ronald/Red)