Gedung sentra IKM dan UKM di Kota Cilegon. (Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Untuk pertama kalinya, Kota Cilegon bakal merealisasikan sentra khusus IKM (Industri Kecil Menengah) termegah di Kota Cilegon. Lokasi setra IKM ini beralamat di Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau berada di Gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon. Tak hanya sebagai pusat IKM, gedung ini juga  direncanakan akan dijadikan Kantor Dekranasda Kota Cilegon.

Pelaksana Harian (Plh) Asisten Daerah (Asda) II Setda Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putra menjelaskan, hasil evaluasi dan monitoring bersama Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin dan pejabat Eselon II lainya, jika eks Kejari Cilegon ini tidak lama lagi akan bisa digunakan.  Saat ini, Pemkot Cilegon tengah melakukan perbaikan kondisi gedung tersebut agar dapat menampung para pelaku usaha di Kota Cilegon.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

“Harapannya sih, pas ulang tahun Kota Cilegon pada 27/4/2024 mendatang diresmikan” kata Aziz kepada Selatsunda.com, Belum lama ini.

Aziz menambahkan, untuk mempercepat pembangunan di gedung tersebut, Pemkot Cilegon sudah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 1 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk kebutuhan interior dan furniture.

“Sudah dianggarkan di 2024 sebesar Rp 1 miliar.  Anggaran itu untuk pembangunan fisik dan interior di dalam gedung,” ujar Aziz.

Aziz yang juga menjabat Staf Ahli Walikota Cilegon, pada lantai I akan dipergunakan untuk ruangan Dekranasda. Sementara untuk lantai II digunakan untuk IKM dan UMKM.

“Anggaran renovasi gendung tersebut, Pemkot Cilegon akan merogoh anggaran hingga Rp 1,1 miliar untuk perencanaan Rp 100 juta untuk fisiknya nanti hampir Rp 1 miliar. Tergantung pada kajian desain nanti. Cuman yang jelas kita optimalkan UMKM kita bisa ada tempat pemasarannya. Jadi nanti yang wisatawan dari Anyer bisa ke sana kemudian dari hotel-hotel tamu-tamu hotel dibawa ke situ,” tandasnya. (Ully/Red)