CILEGON, SSC -Walikota Cilegon Helldy Agustian terus fokus mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai program pendidikan, termasuk diantaranya maksimalisasi program Beasiswa Full Sarjana.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan dan menciptakan generasi emas Kota Cilegon.

Atas dasar itu sosialisasi gencar dilakukan seperti yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon, Jumat (4/8/2023).

Kegiatan Sosialisasi Program Beasiswa Full Sarjana S1 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Setda II Kota Cilegon itu diikuti pelajar Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat se-Kota Cilegon.

“Kalian (Pelajar-red) adalah juara. Dari banyak orang, kalian adalah pilihan menjadi pengurus OSIS, lebih jauh lagi kalian adalah juara dari rahim ibu kalian. Maka berbanggalah karena kalian adalah juara, dan juara haruslah terus berusaha,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat Sosialisasi Program Beasiswa Full Sarjana S1 Tahun 2023 di Aula Setda II Kota Cilegon, Jumat 4 Agustus 2023.

Baca juga  Perdana, 50 Orang Warga Cilegon Dapat Kuliah Gratis di Universitas Terbuka Serang

Menurut Helldy, pelajar merupakan generasi yang harus memiliki mental baja. “Jangan mudah menyerah, seperti halnya berlian yang kuat karena ditempa oleh proses yang berat. Jangan lemah seperti arang yang tak bernilai harganya, padahal sama-sama berasal dari karbon. Terlebih, kami Cilegon sedang mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045,” ujarnya.

Dalam hal ini, Helldy meminta patra pelajar untuk membuat sejarah dengan menjadi orang Cilegon yang berhasil populis secara Nasional. “Saya meminta kalian dapat menciptakan sejarah. Belum ada orang yang populis secara Nasional dari Cilegon. Maka, ini kesempatan kalian untuk mengambil kesempatan itu dan menciptakan sejarah,” pintanya.

Helldy berharap, para pelajar dapat mensosialisasikan program beasiswa full sarjana kepada pelajar lain. “Saya berharap, kalian bisa mensosialisasikan bahwa Pemerintah Kota Cilegon memberikan beasiswa full sarjana untuk diikuti, karena saya yakin pendidikan dapat merubah keadaan keluarga,” harapnya.

Baca juga  Tingkatkan Retribusi, Perusahaan yang Gunakan  Tenaga Kerja Asing di Cilegon Dikumpulkan

Sementara itu, Kepala Dinsikbud Kota Cilegon Heny Anita Susila mengatakan, tujuan mengundang perwakilan OSIS se-Kota Cilegon itu dalam rangka mensosialisasikan program beasiswa full sarjana.

“Kami mengumpulkan adik-adik ini untuk mensosialisasikan program Beasiswa Full Sarjana agar bisa diinformasikan kembali kepada teman-teman lain di sekolah. Kami mengundang 2 pengurus OSIS dari 60 SMA, SMK, MA se-Kota Cilegon untuk menjadi jembatan kepada teman-temannya,” kata Heny.

Dijelaskan Heny, setidaknya sudah ada 1.731 mahasiswa yang sudah menerima program beasiswa full sarjana Kota Cilegon.

“Target tahun ini (2023-red) bisa menjadi 3.000 orang penerima, sehingga adik-adik berpeluang besar mengisi 1.269 kuota beasiswa tahun ini (2023-red). Saya berharap adik-adik dapat mengambil kesempatan baik ini dan tentunya semakin banyak yang memanfaatkan program beasiswa full sarjana ini,” jelasnya. (ADV).