Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan dalam kegiatan pelepasan ekspor 30 ribu ton baja PT Krakatau Steel di Kota Cilegon, Jumat (28/4/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melakukan pengiriman 30 ribu ton baja jenis Hot Rolled Coil (HRC) ke negara Italia pada Jumat (28/3/2023). Pengiriman baja HRC yang dilaksanakan di dermaga Krakatau International Port, Kota Cilegon disaksikan oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan dan juga Direktur Utama PT Krakatau Steel, Purwono Widodo.

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mengapresiasi, PT KS melakukan ekspor 30 ribu ton baja HRC. Saat ini, kata Zulkifili, ekspor produk besi baja menempati urutan ketiga terbesar di Indonesia.

“Hari ini kita melepaskan ekspor ke Italia sebanyak 30 ribu ton jenisnya hot rolled coil dan sekarang baja itu menempati posisi ekspor kita nomor 3 terbesar. Nomor satu tambang, minyak sawit dan nomor tiga baja,” ungkapnya.

Mendag Zulkifli Hasan, Dirut PT KS, Purwono Widodo dan para pejabat lainnya melakukan proses pelepasan ekspor 30 ribu ton baja

Zulkifli optimis, dengan pengiriman baja HRC yang dilakukan PT KS meski ditengah pertumbuhan dunia melambat dapat meningkatkan ekspor. Pihaknya pun mengapresiasi yang telah dilakukan PT KS.

“Kami berterima kasih kepada pejuang-pejuang merah putih ini yang mampu meningkatkan nilai ekspor besi baja. Sehingga surplus kita kemarin tertinggi selama sejarah total ekspor di Indonesia yang mencapai hampir Rp900 triliun atau setara dengan USD54 miliar,” ujar Zulkifli.

Baca juga  Bawaslu Cilegon Ungkap Data Orang Meninggal Rawan Terdaftar Jadi Pemilih

Sementara, Direktur Utama PT Krakatau Steel, Purwono Widodo menjelaskan, dengan adanya pengiriman ekspor ke Italia ini, Krakatau Steel berkontribusi menambah devisa negara sebesar Rp315 miliar atau setara dengan USD21,15 juta.

“Dengan adanya penambahan kapasitas sehingga total produksi mencapai sebesar 5.600.000 ton per tahun, maka kami terus membuka peluang untuk kebutuhan domestik maupun sebesar 30% untuk pasar ekspor, terutama untuk wilayah Eropa di mana Krakatau Steel sudah diakui di sana,” ungkapnya.

Krakatau Steel Group sebagai salah satu perusahaan baja terbesar di negeri ini tercatat telah melakukan ekspor dengan total 393.503 ton di 2022. Hingga April 2023 Krakatau Steel telah melakukan ekspor sebesar 80.802,78 ton. Negara tujuan ekspor Krakatau Steel selama ini diantaranya adalah Italia, Portugal, Jerman, Turki, Yunani, Spanyol, dan Pakistan.

Baca juga  Pemkot Cilegon Kumpulkan OPD Benahi SOP Perizinan di Mal Pelayanan Publik

“Hal ini merupakan pembuktian bahwa produk baja dalam negeri dapat bersaing dengan baik bahkan di negara negara maju di Eropa. Kami akan terus  meningkatkan kualitas  produk kami sehingga akan terserap lebih banyak lagi produk baja Krakatau Steel Group untuk kebutuhan baja domestik maupun kebutuhan baja ekspor,”  Purwono melanjutkan.

Pada kegiatan pelepasan tersebut, Purwono mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Menteri Perdagangan RI selama ini terhadap Krakatau Steel.

“Sebuah kehormatan bagi kami bahwa Menteri Perdagangan RI Bapak Zulkifli Hasan dapat menyaksikan langsung prosesi pengiriman ekspor ke Italia. Besar harapan kami untuk terus mendapatkan dukungan dari pemerintah sehubungan dengan peningkatan utilisasi industri baja dalam negeri. Semoga ke depan Krakatau Steel senantiasa dapat menghadirkan produk-produk baja berkualitas bagi kemajuan industri di Indonesia dan untuk memenuhi kebutuhan baja di dunia,” tutup Purwono. (Ronald/Red)