CILEGON, SSC – Dalam menghadapi arus Mudik Lebaran 2024, Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Pelabuhan Kelas I Banten telah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk melayani pemudik. Salah satu yang disiapkan adalah ambulans motor.

Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Pelabuhan Kelas I Banten, Resi Arisandi mengatakan, pihaknya pada arus mudik tahun ini menyiapkan ambulans motor untuk mengantisipasi pemudik yang mengalami gangguan kesehatan. Nanti jika terdapat pemudik dalam keadaan darurat yang mengalami sakit akan dilayani petugas medis dengan ambulans motor.

Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Pelabuhan Kelas I Banten, Resi Arisandi. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

“Jadi yang bertugas adalah tenaga medis. Perawat dan dokter yang punya skill melakukan tindakan gawat darurat,” ujar Resi ditemui di Kantornya, Jumat (5/4/2024).

Resi mengungkapkan, ambulans motor yang disiapkan ada sebanyak 4 unit. Keempat unit itu, tiga diantaranya dioperasikan di Pelabuhan Merak dan satu lainnya di Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Jadi ambulans motor ada 4 yang kita siapkan.  3 unit di Pelabuhan Merak dan 1 di Pelabuhan Ciwandan. Kita tetapkan juga di Ciwandan, karena disana ada pengendara motor,” ungkapnya.

Selain ambulans motor, Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Pelabuhan Kelas I Banten juga menyiapkan sarana fasilitas lainnya. BKK Banten menyiapkan sebanyak 6 ambulans mobil dan Posko Kesehatan.

Untuk posko kesehatan, BKK Banten menyiapkan sebanyak 6 posko. Posko tersebut didirikan di Pelabuhan Bandar Balau Jaya Bojonegara, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak.

“Jadi posko ini akan difungsikan di BBJ 1 posko, Ciwandan 1 posko, di depan kantor 1 dan di Pelabuhan Merak ada 3 posko

“3 posko di Pelabuhan Merak itu ada Eksekutif, Dermaga 2 dan Dermaga 5,” terangnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Resi mengimbau agar pemudik yang melakukan perjalanan dapat memperhatikan kondisi kesehatannya dan menjalankan protokol kesehatan. Pemudik selain menjaga stamina juga diharapkan dapat membawa makanan, minuman dan obat-obatan saat dalam perjalanan.

“Tetap dijaga kesehatan dengan cara memakai masker, jauhi kerumunan karena penyakit flu sedang marak dan flu Singapure juga sedang marak. Jadi kita harus benar-benar terapkan protokol kesehatan kembali,” pungkasnya. (Ronald/Red)