Foto Ilustrasi (malangtimes.com)

SERANG, SSC – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang mengusulkan kepada Walikota Serang untuk mengumpulkan Zakat Fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19. Pengumpulan zakat diusulkan dengan cara pemotongan gaji ASN.

Untuk diketahui, usulan tersebut tertuang dalam surat rekomendasi yang dibuat oleh MUI Kota Serang pada Sabtu, 11 April dan telah disampaikan kepada Walikota Serang pada Senin, 13 April 2020 lalu.

“Rekomendasi Nomor 25 berisi tentang tatacara pembayaran zakat fitrah dimusim wabah Covid, isinya agar walikota diberikan atau kami memberikan rekomendasi kepada walikota agar walikota dapat memotong langsung zakat fitrah dari ASN,” ujar Sekjen MUI Kota Sera Amas Tajuddin saat dihubungi melalui selulernya, Jumat (24/4/2020).

Baca juga  Moncer di Pileg 2019, PAN Siapkan Kader di Pilkada Cilegon 2024

Namun sebelum dilakukan pemotongan, pihaknya meminta agar walikita terlebih dahulu meminta izin kepada para ASN. Bila disetujui, dana yang terhimpun dapat disalurkan oleh Baznas.

“Dengan ketentuan terlebih dahulu meminta izin kepada nasabah ASN ini untuk disetorkan ke Baznas. Non tunai,” terangnya.

Amas menghimbau, ASN di lingkungan Kota Serang agar dapat turut berzakat. Rencananya Zakat Fitrah akan disalurkan jauh sebelum bulan Ramadhan.

“Mengimbau masyarakat muslim ASN di Kota Serang untuk gaji bulan mei 2020 di serahkan untuk membayar zakat fitrah agar nanti Baznas dapat mendistribusikanya sesuai ketentuan Baznas jauh sebelum hari raya idul fitri,” himbaunya.

Menanggapi adanya usulan pengumpulan zakat ASN dengan melalui pemotongan gaji, Walikota Serang, Syafrudin mengaku telah mengeluarkan surat edaran tentang hal tersebut.

Baca juga  Larangan Warung Nasi Buka di Siang Hari Tuai Kontroversi, Ini Penjelasan Walikota Serang Syafrudin

“Sudah saya buat edaran untuk semua ASN di potong gajih,” tungkasnya. (MG-01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini