Walikota Cilegon, Helldy Agustian memberi sambutan dalam Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2023, Kamis (31/3/2022). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 digelar Pemerintah Kota Cilegon, Kamis (31/3/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Wakil Walikota, Sanuji Pentamarta, Sekda, Maman Mauludin dan Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Miraj.

Walikota Helldy dalam sambutan mengatakan, ada sejumlah program yang menjadi skala prioritas pada Musrenbang RKPD tingkat Kota Cilegon tahun 2023. Skala prioritas itu menyangkut peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat. Diantaranya meningkatkan kualitas layanan pemerintahan, pendidikan, derajat kesehatan, kualitas hidup serta pemerataan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Saya mencontohkan satu program, kualitas pendidikan di Kota Cilegon. Saat ini Pemkot Cilegon telah membentuk 4 sekolah SMPN guna pemerataan pendidikan serta perluasan pendidikan non formal melalui penyelenggaraan paket A, B dan paket C. Kedua, kenaikan penghasilan sebesar 50 persen untuk guru madrasah dan guru honorer,” kata Helldy.

Mengenai pembangunan sekolah baru, kata Walikota, adalah wujud upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Cilegon. Maka dari itu untuk mewujudkannya, pembangunan sekolah harus dituntaskan.

Baca juga  Satu Anggota KPPS di Kota Cilegon Dikabarkan Meninggal Dunia
Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’Raj menyerahkan hasil pokok pikiran (pokir) DPRD ke Walikota Cilegon, Helldy Agustian dalam kegiatan Musrenbang

“Di 2012 pembangunan 4 SMP Negeri Cilegon harus diselesaikan di 2023. Di 2022 ini rencananya akan membeli lahan. Semua program yang sudah kita (Pemkot Cilegon) rencanakan harus tuntas di 2023,” sambung Helldy.

Helldy berharap RKPD 2023 dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat Cilegon.

“RKPD 2023 merupakan tahun kedua dalam RPJMD 2021 – 2026, dimana di tahun kedua ini kami mengharapkan adanya akselerasi dalam pencapaian dari target – taget pembangunan tahunan yang tercantum dalam dokumen RPJMD 2021-2026,” harapnya.

Senada juga disampaikan Wakil Walikota, Sanuji Pentamarta. Ia menyatakan, inti pelaksanaan Musrembang 2023 untuk merealisasikan visi misi dan janji kampanye kepala daerah.

“Sepertiganya harus dijalankan. Contoh, sepertiga pelayanan wajib dan pelayanan dasar ke masyarakat harus berjalan, seluruh aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui saluran DPRD harus tetap dijalankan,” ujar Sanuji.

Baca juga  KPU Cilegon Beri Santunan Rp 42 Juta Kepada Keluarga Anggota KPPS yang Meninggal Dunia
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon, Wilastri Rahayu memberi sambutan

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon, Wilastri Rahayu menyampaikan musrenbang merupakan rencana kerja seluruh perangkat daerah di Pemkot Cilegon mewujudkan visi misi dan program kepala daerah.

“Maksud dari kegiatan musrenbang ini yaitu sebagai wadah interakasi untuk mensinkronisasikan kegiatan perencanaan pembangunan dari berbagai instansi yang diusulkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga organisasi perangkat daerah di Kota Cilegon dimana hal ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Cilegon serta menjadikan Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wilastri menjelaskan terkait mekanisme penyelenggaran musrenbang RKPD 2023 akan dibagi menjadi 3 tahapan.

“Terkait dengan mekanisme untuk musrenbang RKPD 2023 memiliki 3 sesi yaitu pertama sidang kelompok, kedua sidang pleno dan yang ketiga pemerikasaan serta penyerahan hasil diskusi kelompok,” pungkasnya. (Red)