Suasana kapal saat sandar dan labuh di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Seluruh nakoda kapal penyeberangan di lintasan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat di Perairan Selat Sunda, Banten selama Januari hingga Februari 2020. Hal ini perlu diwaspadai untuk mengantisipasi terganggunya perjalanan kapal dalam melayani penumpang.

General Manajer PT ASDP Merak, Solikin mengakui, terdapat prakiraan BMKG terkait potensi hujan lebat terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk diantaranya di lintasan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni yang ada di perairan Provinsi Banten.

Pihaknya sebagai salah satu operator di Pelabuhan Merak meminta agar nakoda kapal ASDP dan operator kapal swasta lainnya dapat meningkatkan kewaspadaan tentang cuaca terlebih saat diterjang cuaca ekstrem.

“Kalau nanti terjadi, tingkat kehati-hatian operator kapal khususnya untuk nakoda harus ditingkatkan saat menghadapi cuaca ekstrem. Tentunya ada prosedur ketika menghadapi cuaca ekstrem, ada SOP-nya,” ujar Solikin ditemui di Kantor ASDP Merak, Jumat (10/1/2020).

Selain kewaspadaan ditingkatkan, sambung Solikin, nakoda juga diminta memperhatikan kesehatan dan harus tetap fit. Kesehatan dicek untuk menjamin keselamatan penumpang saat mengemudi kapal. Begitu juga kesiapan kapal yang dijamin agar saat kapal berlayar dapat aman dan berjalan tanpa kendala.

“Artinya, dia (nakoda) cakap secara fisik, sehat. Kemudian cakap secara skill-nya. Mereka tidak berani, syahbandar (KSOP) juga kalau ada indikasi tidak cakap, kapal tidak boleh berlayar,” tuturnya.

“Baik itu lashing dan terkait muatan tidak overload, itu juga perhatian kita. Kita mematuhi aturan KSOP setempat,” sambung dia.

Sejauh ini sejak pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 lalu, kondisi arus pelayaran di lintasan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni berjalan normal. Hujan masih turun dalam intensitas sedang.

“Sejauh ini belum. Karena sejak Nataru sampai sekarang cuaca alhamdulilah, untuk yang ekstrem belum. Cuaca disini memang relatif sedang, gelombang pun kecil begitu juga hujan,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here