Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta memaparkan pencalonan dirinya menjadi Calon Wakil Walikota Cilegon saat di Kantor DPD PKS Cilegon, Selasa (19/5/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta direkomendasikan PKS untuk maju sebagai Bakal Calon (Bacalon) Wakil Walikota Cilegon. Mendampingi Bacalon Walikota Cilegon dari Berkarya, Helldy Agustian, mantan anggota DPRD Banten ini akan melakukan sejumlah terobosan utamanya menyangkut program dalam mengatasi pengangguran, kemiskinan, masalah lingkungan dan persampahan.

Menurutnya, program yang tepat dalam menangani persoalan pengangguran yakni dengan membuka akses industri seluas-luasnya untuk mensejahterakan masyarakat Cilegon. Program ini tentunya dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Cilegon yang berkualitas.

“Akses industri benar-benar dibuka dengan lebar. Ini dilakukan agar warga lokal dapat terserap dengan besar. Jika warga lokal terserap besar, otomatis keberadaan pendatang bisa dicegah,,” ujar Sanuji ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cilegon, Selasa (19/5/2020).

Ia menyatakan, agar SDM masyarakat Kota Cilegon dapat berdaya saing perlu peningkatan pendidikan yang berkualitas. Terkait SDM dari luar daerah yang bekerja di Cilegon, menurutnya, hal itu tidak dapat dibendung karena Cilegon menjadi magnet industri. Yang terpenting agar masyarakat lokal berkompetisi dan dapat terserap perlu ditunjang dengan pendidikan yang berkualitas.

“Daerah maju akan menjadi magnet warga pendatang untuk mencari kerja. Bagaimana solusinya supaya masyarakat Cilegon bisa bersaing, salah satunya adalah dengan pendidikan yang baik,” paparnya.

Ia menerangkan, peningkatan pendikan yang dimaksud dapat dimulai dengan peningkatan keterampilan calon tenaga kerja diusia produktif. Artinya, kualitas para pemuda Cilegon harus dibekali pendidikan mumpuni. Peningkatan kemampuan/skill itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Mentalitas pemuda harus ditingkatkan. Pemuda yang bertarung, harus punya kemampuan, punya keterampilan dan harus dinaikan. Maka dari itu, BLK harus kita naikan,” paparnya.

Selain pengangguran, ia juga menyinggung masalah sampah. Menurutnya, persoalan sampah yang ada di lingkungan perlu ditangani secara komprehensif. Dimana faktor utama dalam menyelesaikan masalah sampah perlunya edukasi yang intens kepada masyarakat.

“Persoalan sampah masih menjadi hal yang harus diedukasi ke masyarakat. Bukan hanya bagaimana membuang sampah saja tapi bagaimana masyarakat ini bisa mengelola sendiri sampah tersebut,” lanjutnya.

Persoalan lain juga menyangkut tata kota Cilegon. Menurutnya, Cilegon memang bukan kota berpenduduk padat namun kota dengan ikon industri. Ruang Terbuka Hijau yang belum bisa disediakan oleh industri, bisa disediakan lewat anggaran pemerintah. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmatinya dengan nyaman.

Ia berharap masyarakat dengan program yang disampaikan dapat mendukung dirinya dan Helldy Agustian untuk maju di Pilkada Cilegon. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here