Kendaraan arah Anyer yang mengantre di Jalan Lingkar Selatan, Kota Cilegon dialihkan oleh petugas, Rabu (4/5/2022). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Situasi obyek wisata Anyer dan sekitarnya penuh oleh wisatawan, Rabu (4/5/2022). Akibatnya, kendaraan yang menuju Anyer dari Kota Cilegon dialihkan ke jalur alternatif.

Pantauan Selatsunda.com, jalan di Pertigaan Ciwandan untuk kendaraan arah Anyer dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) ditutup sementara. Penutupan sementara diterapkan mulai pukul 14.50 WIB. Kendaraan dari JLS dialihkan ke arah Kota Cilegon lewat Jalan Raya Cilegon-Anyer.

Tampak Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono turun langsung mengatur pengalihan arus lalu lintas kendaraan. Kapolres tampak mendatangi pengendara yang antre dan menyampaikan informasi tentang pengalihan arus lalu lintas.

Kapolres CIlegon, AKBP Sigit Haryono memberi imbauan pengalihan arus kendaraan kepada pengendara yang antre di JLS

Kapolres Sigit menyatakan, saat ini kapasitas daya tampung kendaraan di 12 obyek wisatawan yang ada di Anyer dan sekitarnya, penuh. Kemudian arus kendaraan yang keluar dari arah Anyer menuju Cilegon juga padat. Melihat situasi tersebut agar arus lalu lintas dua arah bisa bergerak, Polres Cilegon mengambil kebijakan diskresi melakukan rekayasa lalin dengan mengalihkan arus lalin kendaraan di Pertigaan Ciwandan.

Baca juga  Selama 2021, Lima Orang Jadi Korban Perdangangan Manusia di Cilegon

“Semua pantai sudah terpenuhi, sudah memenuhi kapasitas maksimal. Tentunya kami melakukan tindakan diskresi untuk mengalihkan arus. Dikarenakan kalau kita teruskan, tidak bisa bergerak,” ujar Kapolres.

Ia menyatakan, wisatawan di obyek wisata Anyer sudah mengalami peningkatan sejak dua hari terakhir mulai Kemarin, Selasa (3/5/2022) hingga hari ini. Peningkatan mencapai 50 persen dibanding hari normalnya.

“Kemarin dan sekarang kurang lebih ada 50 persen peningkatannya. Kalau kemarin kita hitung ada 4 ribu sekian, hari ini sampai meluber. Maka dari itu kita dari kepolisian mengambil tindakan ini,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pengalihan tersebut masih tetap diberlakukan hingga situasi kepadatan kendaraan di obyek wisata Anyer sudah terurai.

Baca juga  Pemkab Pandeglang Raih Opini WTP Enam Kali Berturut-turut dari BPK

“Kita akan laksanakan pengalihan arus sementara waktu sambil menunggu di dalam bisa terurai,” pungkasnya. (Ronald/Red)