Kendaraan truk saat naik ke kapal penyeberangan di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Rabu (3/4/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Hari ini, Rabu (3/4/2024), Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon mulai dioperasikan untuk melayani para pemudik. Informasi yang dihimpun Selataunda.com sejak dibuka pukul 00.00 WIB, kendaraan pemudik baik truk maupun roda dua mulai diseberangkan di Pelabuhan Ciwandan.

General Manager (GM) PT Pelindo Regional II Banten, Yohanes Wibowo Situmeang mengatakan, pihaknya hingga pukul 13.00 WIB telah memberangkatkan pemudik dari Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Ada sebanyak 11 kapal penyeberangan dikerahkan untuk mengangkut pemudik.

“Sampai dengan siang ini 13.00 WIB ini dapat kami laporkan sudah 11 kapal lepas dari Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni dengan muatan kurang lebih sekitar seribu kendaraan roda dua dan sekitar 500 truk golongan VI dan VII,” ungkap Yohanes Situmeang.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

GM Yohanes Situmeang mengungkapkan, memang saat ini terjadi sedikit kepadatan. Karena nanti malam akan diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang. Ia menyatakan, kendraan yang boleh menyeberang saat pemberlakuan pembatasan diantaranya truk sembako, BBM dan truk tertentu.

“Jadi kalau memang terjadi sedikit kepadatan, hari ini karenanya nanti malam sudah dilakukan pembatasan terkait trik. Hanya yang membawa sembako, BBM dan kendaraan tertentu yang diizinkan berdasarkan SKB. Sehingga memang  terjadi sedikit kepadatan,” tuturnya.

Yohanes menerangkan, pihaknya untuk mengantisipasi kepadatan pada mudik ini telah menyiapkan buffer zone atau area tampung kendaraan. Kemudian Pelindo Regional 2 Banten juga di bantu jajaran pihak Kepolisian untuk pengamanan pemudik di Jalan Lingkar Selatan.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

*Kapasitas buffer kami dengan arus kendaraan yang masuk agak lebih  banyak. Tapi kami sudah melakukan penambahan buffer baru, sehingga sudah terurai. Kami juga dibantu dengan bapak-bapak dari Ditlantas Polda Banten dan Polres Cilegon untuk melakukan rekayasa lalu lintas di jalan JLS,” terangnya.

“Disamping itu di sepanjang JLS itu, Polda Banten dan Polres Cilegon telah menyediakan buffer. Jadi nanti kalau terlihat disitu, itu bukan antrean melainkan buffer untuk masuk ke Pelabuhan Ciwandan,” pungkasnya. (Ronald/Red)