Pemateri Jurnalistik fotografi, Ronald Siagian memberikan materi foto jurnalistik kepada siswa SMK YPWKS Kota Cilegon, Rabu (13/12/2023). Foto Dok JPC

CILEGON, SSC – Jurnalis Parlemen Cilegon (JPC) mengggelar pelatihan jurnalistik kepada puluhan siswa SMK YPWKS Kota Cilegon, Rabu (13/12/2023). Dalam kegiatan itu, forum wartawan yang ada di DPRD Kota Cilegon ini menyajikan tiga materi yakni jurnalistik tulis, jurnalistik fotografi dan jurnalistik video.

Pelatihan jurnalistik menghadirkan pemateri dari 3 pewarta senior di Provinsi Banten. Untuk pelatihan kepenulisan jurnalistik diisi oleh Wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugroho, pelatihan jurnalistik fotografi oleh Fotografer Freelance AFP, Ronald Siagian dan pelatihan jurnalistik video oleh Wartawan MNC, Iskandar Nasution.

Saat dilaksanakan, pelatihan jurnalistik terjalin interaksi antara para pemateri dan peserta. Pelatihan kian hangat yang dipandu oleh Wartawan Suara.com, Hairul Alwan.

Pemateri Jurnalistik Tulis, Sigit Angki Nugraha memberikan materi jurnalistik

Salah satu peserta, Areta Raina Yustatian menilai pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh JPC sangat seru dan menarik. Karena pemateri memberikan ilmu tentang kejurnalistikan yang sangat bermanfaat kepada peserta.

Baca juga  8 Kecamatan di Cilegon Diminta Siapkan Anggaran Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota 2024

“Ilmu-ilmu yang diberikan sangat bermanfaat untuk kita semua,” ungkap Raina.

Raina yang juga Ketua Umum Jurnalistik SMK YPWKS Cilegon sejalan dengan keinginan JPC. Yakni dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat melahirkan cikal bakal jurnalis muda. Tentunya dengan materi ilmu yang diberikan dapat menjadi bekal keahlian bagi para peserta.

“Acara itu berkonsentrasi kepada jurnalistik ke SMK YPWKS untuk melahirkan generasi-generasi jurnalis yang bermartabat dan berilmu tinggi. Apalagi pemateri ini orang-orang yang hebat dimana telah teruji dan juga berpengalaman kepada jurnalistik SMK YPWKS di Cilegon,” ujar siswi kelas XII itu.

Pemateri Jurnalistik video, Iskandar Nasution memberikan materi terkait jurnalistik video

Sementara, Pembina Ekstrakulikuler Jurnalistik SMK YPWKS Cilegon, Nursanah juga mengungkapkan hal yang sama. Ia  berterimakasih kepada JPC yang telah berbagi pengalaman lewat pelatihan jurnalistik.

Baca juga  Seleksi Calon Paskibraka Cilegon 2024 Dijamin Tak Ada Titipan

“Saya berterimakasih kepada JPC yang sudah sharing ilmu dan pengalaman. Semoga sukses selalu,” terangnya.

Ketua JPC, Gillang Mubarok menyatakan, pelatihan jurnalistik adalah kegiatan rutin yang dilakukan JPC setiap tahun. Ia berharap dengan pelatihan jurnalistik yang diadakan di SMK YPWKS dapat memberi banyak manfaat kepada pelajar baik sebagai tambahan wawasan dan bekal ilmu di masa depan.

“Kami berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini  dapat terus berkelanjutan. Karena jurnalistik punya banyak manfaat. Apalagi untuk adik-adik kita, yang diharapkan ilmu yang diberikan dapat menjadi bekal keahlian mereka,” pungkasnya. (Ronald/Red)