Aktivitas di area pabrik PT Lotte Chemical Indonesia, Kota Cilegon. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon membuka peluang kerja sama dengan PT Lotte Chemical Indonesia terkait rencana perusahaan asal negara Korea tersebut akan melanjutkan pembangunan konstruksi di Cilegon pada 2022-2025.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, pihaknya mengetahui jika baru-baru ini Kementerian Investasi/BKPM dan Lotte Chemical Corporation menjalin penandatanganan MoU dalam rangka fasilitasi percepatan realisasi investasi pembangunan kompleks petrokimia Lotte Chemical Indonesia. Akan hal ini pula, Pemkot Cilegon juga tengah membahas dengan pihak Lotte untuk membuka peluang kerja sama di daerah.

Helldy selaku kuasa pemegang saham BUMD Cilegon mengatakan, Pemkot Cilegon dalam rencana pembangunan konstruksi pabrik tersebut tengah menawarkan peluang kerja sama dengan sejumlah BUMD Kota Cilegon. Salah satunya rencana kerja sama sewa lahan Warnasari seluas 10 hektar dari total luasan 45 hektar milik PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM).

Baca juga  Rotasi Mutasi ASN Lanjutan di Cilegon telah Digelar, Ini Respon Ketua DPRD Isro

“Kemarin memang kita sayangkan peluang untuk penyediaan airnya, PDAM kita harusnya bisa kerja sama. Tetapi sudah terlambat. Sementara untuk Warnasari, kemungkinan lahan kita akan di sewa, sekitar 10 hektaran,” ungkapnya, Senin (24/1/2022).

Saat ini, kata Walikota Helldy, rencana sewa lahan masih terus dijajaki PCM dengan Lotte. Jika nanti kerja sama terjalin maka nilai lahan akan terlebih dahulu diappreisal untuk dihitung nilai lahan yang akan disewa.

“Sewanya itu untuk kemungkinan untuk tempat sementara barang atau penempatan karyawan. Itu sudah ada pembicaraan dan belum deal. Nanti akan kita bicara lebih detail lagi,” terangnya.

Helldy menyatakan, rencana dilanjutkannya pembangunan pabrik Lotte selain membuka peluang kerja sama dengan Pemkot juga memberi dampak positif terhadap perekonomian daerah. Terbangunnya dan akan beroperasinya pabrik Lotte akan menciptakan lapangan kerja dan juga meningkatkan pendapatan daerah.

“Lotte kan bangun pabrik sampai tahun 2025. Kita ingin yang dibutuhkan nanti penerimaan pekerja-pekerjanya, itu orang Cilegon. Kita akan buat kerja sama Disnaker dengan Lotte. Untuk sektor pendapatan, akan kita maksimalkan PPJ, PBB dan BPHTB. Karena untuk PPN dan Pajak Penjualan terpusat di Jakarta,” pungkasnya.

Baca juga  1.780 Napi di Lapas Cilegon Diusulkan Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI ke-77

Sementara, Humas Manajer PT Lotte Chemical Indonesia, Nurman mengatakan, Lotte Chemical Corporation telah melakukan penadatangan MoU dengan Pemerintah Indonesia di Jakarta, baru-baru ini. Dalam MoU, Lotte akan mulai kembali melanjutkan pembangunan pabrik di Cilegon dalam waktu dekat pada tahun ini.

Terkait penjajakan kerja sama lahan Warnasari dengan Pemkot Cilegon, pihaknya akan berkoordinasi dengan Lotte Chemical Corporation atau pihak kontraktor.

“Untuk rencana-rencana pembangunan dan kerja sama, perlu saya koordinasikan informasinya. Karena yang berwenangan memberi penjelasan tentang itu adalah Lotte Corporation atau dari pihak kontraktornya,” tuturnya. (Ronald/Red)