Salah satu rumah sakit yakni RS Kencana menjadi rujukan pasien Covid-19, Kamis(24/9/2020). Foto Fathul Rizkoh/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggandeng 5 rumah sakit di Kota Serang untuk menjadi rujukan bagi pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Serang. Rekomendasi rumah sakit telah tertuang dalam Surat Keputusan Walikota Serang Nomor 445/Kep.121-Huk/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Untuk Pelayanan Covid-19 di Kota Serang.

“5 rumah sakit yang kami rekomendasikan untuk menangani pasien corona, yaitu, RSUD Kota Serang, Rumah Sakit Budi Asih, Rumah Sakit Sari Asih, Rumah Sakit Kencana dan Rumah Sakit Bhayangkara. Penetapan rumah sakit sudah ditandatangani dalam bentuk SK,” kata Syafrudin kepada Selatsunda.com di Puspemkot, Kamis (24/9/2020).

Syafrudin menambahkan, seluruh rumah sakit tersebut sudah dinyatakan siap untuk menagani pasien Covid-19 (virus corona).

Baca juga  Selama Corona, Satpol PP Cilegon Angkut 1.800 Miras Berbagai Merek

“Semua rumah sakit sudah menyatakan siap,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Muhamad Ikbal menuturkan, jika pihaknya sudah mengundang 5 rumah sakit untuk menjadi rujukan pasien Corona.

Pemkot dalam menggandeng, sambungnya, juga membantu kelima rumah sakit dengan menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD).

“Yang kita bisa bantu, kita berikan. Itu kan dalam rangka membantu masyarakat pada pelayanan di Rumah Sakit,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini Ketua Tim Tanggap Covid-19 di Rumah Sakit Kecana, dr. Sulistyo saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kebutuhan untuk pasien Covid-19.

“Semua kebutuhan sedang kami (Rumah Sakit Kencana,red) siapkan. Alat penanganan Covid-19 baru datang,“ ujarnya.

Berbagai alat yang sedang dipersiapkan saat ini, sambungnya, terdiri dari APD, masker, alat rapid, polymerase chain reaction (PCR), Thermogun dan Infrared.

Baca juga  Selama Corona, Satpol PP Cilegon Angkut 1.800 Miras Berbagai Merek

“Kalau dari Pemkot belum ada bantuan apapun, karena kemaren kami disuruh menyiapkan ya kami siapkan,” (SSC-03/Red)