Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat, Minggu (5/11/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Banten bakal menyiapkan uang receh sebanyak Rp 3 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, besarnya penyediaan uang tunai tersebut didasari pertimbangan aktivitas ekonomi masyarakat yang makin meningkat di mana masyarakat mulai melakukan libur tahun baru sehingga membutuhkan uang baru.

“Pada libur tahun baru orang mulai ada berlibur pasti ada kebutuhan uang baru. sehingga kita ada hasil cetak sempurna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Imaduddin kepada Selatsunda.com, Minggu (5/11/2023).

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BI Banten telah menyiapkan full stok uang pecahan baru untuk masyarakat.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Jadi kalau ada kebutuhan kita siap suplay stok kita ready dan full sekarang jadi ready kalau ada kebutuhan kita bisa supplay ke masyarakat,” tambah Imad.

Hal ini, menurut Imad menyikapi perkembangan infrastruktur digital yang semakin berkembang diimbangi dengan kerangka aturan yang memadai telah mendukung terciptanya transaksi pembayaran non tunai dengan cepat, murah, mudah, aman, dan andal (cemumuah).

”Sehingga mengarah pada terwujudnya less cash society atau pengurangan penggunaan uang tunai oleh masyarakat,” ucapnya.  (Ully/Red)