Dinas Pertanian Banten menyalurkan bantuan benih padi gratis kepada petani di di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (20/10/2020). Foto Istimewa

LEBAK, SSC – Pemerintah Provinsi Banten gencar menjalankan program dalam memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 belum mereda. Salah satu upayanya dilakukan oleh Dinas Pertanian (Distan) Banten meningkatkan produksi sektor pertanian di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Pemberian bantuan benih padi varietas Ciherang sebanyak 1,5 ton secara gratis oleh Distan Banten disambut positif ratusan petani.

Kepala Desa Bayah Timur Agus Iyep Iswahyudi mengatakan, sebagian besar warganya mengandalkan bertani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih, 50 hektar di wilayah desanya merupakan lahan pertanian.

Ia menuturkan, bantuan benih padi diprioritaskan untuk kelompok tani dari keluarga yang pra sejahtera. Dengan harapan, benih padi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani sehingga dapat meningatkan produksi pangan.

“Ada ratusan petani yang mendapat bantuan benih padi dari Pemprov Banten. Mudah-mudahan ini dapat menunjang hasil panen yang baik,” ungkapnya saat ditemui di lokasi, Senin (19/10/2020).

Baca juga  APBD Tahun 2021 Kota Serang Defisit 75 Miliar

Wabah covid-19 yang masih pandemi, kata dia, memang tidak hanya menjadi ujian kesehatan dan ekonomi saja tetapi juga masalah pangan keluarga. Pihaknya berharap dengan bantuan yang diberikan dapat mendorong peran kelompok tani untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, khususnya di Kecamatan Bayah.

“Kita sama-sama tahu, bahwa pandemi covid-19 tidak hanya menyerang pada sektor pertanian, melainkan pada pangan keluarga juga. Dengan bantuan ini, mudah-mudahan kebutuhan pangan di Bayah dapat tercukupi. Kita membangun dari desa untuk Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sugih Mukti, Jumhani, mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Banten. Bantuan yang diberikan dinilai tepat karena wilayah Bayah Timur sedang masuk masa menanam.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

“Bersyukur sudah dibantu. Saat ini kan sudah masuk masa tanam juga, jadi pas bantuan ini. Semoga dengan bibit yang unggul ini hasil panennya lebih banyak dan berkualitas. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan di Bayah Timur secara khusus dan Kecamatan Bayah pada umumnya,” tandasnya.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid berharap, bantuan benih padi bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani di Bayah Timur.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat buat para petani. Ini merupakan bentuk kepedulian Gubernur dan Wakil Gubernurnya dalam memajukan sektor pertanian di Provinsi Banten. Ke depan, Pemprov Banten akan lebih maksimal dalam memfasilitasi para petani di semua wilayah di Banten, agar terwujudnya ketahanan pangan,” pungkasnya. (Ronald/Red)