Petugas BPBD Kota Cilegon memasang radio frekuensi kebencanaan di Sutet yang ada di wilayah Gunung Cipala, Kecamatan Pulomerak, Minggu (15/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon melakukan pemasangan radio frekuensi keselamatan bencana atau alat Komunikasi Radio High Freqwensi (HF) ke wilayah Gunung Cipala, Kecamatan Pulomerak, tadi pagi.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Ahmad Mafruh mengatakan, pemasangan radio frekuensi keselamatan ini dimaksudkan untuk memudahkan pemantauan relawan kebencanaan apabila terjadi bencana di Cilegon.

Dipilihnya Gunung Cipala sebagai lokasi pemasangan frekuensi karena wilayah tersebut memiliki sinyal yang cukup bagus dan mampu menangkap semua wilayah termasuk di Bogor hingga Bandara Soekarno Hatta.

“Selama ini kan relawan kita ini kalau ada kejadian bencana hanya melalui telepon yang justru menghabiskan pulsa dan kuota. Jadi dengan radio frekuensi ini lebih mudah dan gratis. Jangkauan tidak hanya bisa ditangkap di wilayah Cilegon saja, namun bisa mencapai Bogor, Bandara Soeta, bahkan hingga Ujung Kulon,” kata Mafruh dikonfirmasi, Minggu (15/11/2020).

Baca juga  Penjabat Sekda Nanang Yakin Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Serang Aman

Ia menambahkan, untuk pusat kontrol pengendalian radio berada di Pusdalops BPBD Cilegon. Pusdalops nantinya akan bertugas untuk menyelenggarakan sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana.

“Tetap pusat kontrolnya ada di pusat opersional (pusdalops) BPBD Kota Cilegon,” tambahnya. (Ully/Red)