KPU Kota Cilegon menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan suara tingkat kota pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Tahun 2020, Rabu (16/12/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan suara tingkat kota pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Tahun 2020 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon berjalan aman dan kondusif, Rabu (16/12/2020).

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan rapat pleno ini dengan lancar. Rapat pleno di tingkat kota ini menjadi bagian yang penting dalam suatu proses pilkada yang berlangsung di Kota Cilegon.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak baik pemerintah daerah, TNI-Polri yang sudah mendukung seluruh proses dengan mensuport masyarakat Kota Cilegon. Artinya, seluruhnya benar-benar mendukung pilkada mulai dari awal sampai proses perhitungan surat suara ini,” ujarnya usai rapat pleno.

Baca juga  Polda Banten Siapkan Sistem Buka Tutup Akses Wisata Anyer Saat Libur Lebaran
Petugas KPU membacakan hasil perolehan suara saat Rapat Pleno Rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara di Kantor KPU Cilegon

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara yang digelar, kata Irfan merupakan satu proses yang ditempuh KPU Cilegon sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Penerapan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Walikota.

Ini artinya rekapitulasi menjadi dasar acuan pada tahapan yang dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kota.

“Rekapitulasi inilah yang menjadi dasar penetapan rekap tingkat kota perolehan hasil suara pada pemilihan walikota dan wakil walikota Cilegon,” paparnya.

Pihaknya bersyukur, sejak rapat pleno ini dimulai hingga hasil perhitungan suara ditetapkan, seluruhnya berjalan baik. Hanya memang terdapat sedikit koreksi data khususnya data tentang pemilih disabilitas. Namun hal itu bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga  Libur Lebaran, Warga Luar Banten Dilarang Wisata ke Anyer

“Alhamdulillah, semua mengikuti proses ini dengan baik dan lancar,” paparnya.

Dalam pleno, selain komisioner KPU Kota Cilegon turut hadir juga Perwakilan Bawaslu RI, Bawaslu Banten, KPU Banten dan unsur lainnya. Rapat juga diikuti 4 perwakilan dari pasangan calon. Rapat pleno juga diawasi oleh TNI dan Kepolisian dalam menegakkan penerapan protokol kesehatan Covid-19. (*)