Suasana pendaftaran PPDB di SMA Negeri 1 Kota Cilegon, Selasa (22/6/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Calon siswa di Kota Cilegon mengeluh tidak dapat mendaftarkan diri dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online lantaran situs bermasalah. Hal ini diceritakan oleh seorang calon siswa, Dian Nurmalisa saat ditemui di SMAN 1 Kota Cilegon, Selasa (22/6/2021).

Ia menyatakan, datang ke SMAN 1 Cilegon untuk mendaftar online. Lantaran situs PPDB sejak pendaftaran dibuka pada Senin (21/6/2021), Kemarin dan hingga hari ini bermasalah atau tidak dapat diakses.

“Kita nunggu kertas dokumentasinya keluar, sementara ke tahap itu sejak kemarin nggak bisa-bisa keluar. Itu (situs PPDB) error terus dari semalam sampai sekarang,” ujarnya.

Dian mengaku, memilih SMAN 1 karena sesuai dengan zonasi tempat tinggalnya di Kecamatan Cilegon. Dia juga datang ke sekolah itu karena pendaftaran terakhir ditenggat hingga Kamis (24/6/2021), Lusa.

Baca juga  Bahas RPJMD 2021-2026, Pansus DPRD Cilegon Temukan Banyak Penyusunan Program Menyimpang Permendagri

“Sampai hari ini belum bisa. Kan tenggatnya sampai tanggal 24 Juni. Diperpanjang katanya,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, memang ada calon siswa lain yang berhasil mendaftar PPDB. Namun ia pun sangat khawatir jika masalah yang menderanya masih belum terselesaikan.

“Nahi itu. Nggak tahu nih. Katanya (sistem error) dari dinasnya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMA 1 Cilegon, Endang Suhendar mengatakan, server PPDB error dikarenakan banyak calon siswa yang mendaftar sehingga sulit diakses.

“Ibaratnya, jalan sempit tetapi yang mau lewat banyak. Jadi lama dan sulit buat dilaluinya,” terangnya.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada sekitar 300 calon siswa yang berhasil daftar. Ia menyarankan, agat para calon siswa bisa mendaftar di waktu yang tepat.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

“Coba daftar di malam hari atau menjelang subuh waktu-waktu seperti itu sangat sepi pendaftar jadi dapat meminimalisir server error seperti ini,” tungkasnya. (Ronald/Red)