Para murid menyalami guru di salah satu SD di Kota Cilegon saat hari pertama masuk sekolah. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Ribuan siswa dan guru se-Kota Cilegon bakal menerima kouta internet gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kasubag Program Evaluasi di Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon Vania Eriza mengatakan, jumlah penerima bantuan kuota internet akan diberikan kepada sebanyak 74.198 orang. Diantaranya 69.726 orang untuk peserta didik atau siswa dan 4.472 orang untuk pendidik atau guru.

“Masing-masing peserta didik dan pendidik memiliki jatah kuota tersendiri. Untuk peserta didik/siswa akan menerima kuota sebanyak 35 GB sedangkan untuk pendidik/guru akan menerima 45 GB per bulan dari Kemendikbud,” kata Vania di konfirmasi Selatsunda.com, Rabu (16/9/2020).

Untuk memperoleh kuota gratis ini, sambung Vania, orangtua peserta didik dan pendidik yang mengajar harus menyerahkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Nantinya data tersebut akan diinput dalam sistem data pokok pendidik dan dapodik di Dinas Pendidikan (Dindik Cilegon).

“Setelah data di serahkan ke dalam data dapodik dan data pokok, barulah nanti dari pihak Kemendikbud yang akan melakukan verifikasi dan memfalidasi nomor telepone siswa dan guru apakah masih aktif atau sudah tidak lagi digunakan nomor tersebut,” sambung Vania.

Ia menuturkan, dari total 74.198 penerima kuota gratis, sebanyak 21.000 orang telah di verikasi oleh Kemendikbud. Dari jumlah itu, 1.400 orang telah dinyatakan aktif dan sisanya masih dalam verikasi oleh Pusat.

“Untuk kuota gratis yang diberikan oleh Kemendikbud hanya bisa digubakan untuk meeting online dan masalah pembelajaran antara guru dan siswa. Tidak bisa digunakan untuk youtobe atau game online/permainan bar-bar. Akan dapat terditek oleh pusat apabila kuata yang diberikan ini untuk membuka aplikasi lain selain urusan belajar,” tutur Vania.

Ia memastikan, kuota gratis dari Kemendikbud bisa dinikmati oleh peserta didik dan pendidikan mulai Oktober mendatang.

“Kemungkinan semua data selesai di verifikasi oleh pusat pada akhir September ini. Dan sudah bisa dinikmati pada awal Oktober mendatang,” pungkas Vania. (Ully/Red)