Plt Ketua Berkarya Banten, Putu Kamiani memberikan SK penetapan kepada Plt Ketua DPD Berkarya Cilegon, Evi Silvi Yuniatul Hayati usai Rapat Konsolidasi Pembentukan 8 DPD Kota/Kabupaten yang diselenggarakan di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/8/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

TANGERANG, SSC – Sekretaris DPW Berkarya Banten Kubu Muchdi PR, Mahyar mengatakan, kepengurusan DPW Berkarya Banten yang diketuai oleh Helldy Agustian sudah tidak berlaku lagi. Hal ini dikatakannya menyusul dibatalkan atau dicabutnya Surat Keputusan Dewan Pimpinan Wilayah Banten Nomor: 25/SK-DPD/DPW-Banten/IV/2020 tentang Pengesahan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Partal Berkarya Kota Cilegon Periode 2017-2022 oleh Kemenkumham.

Dengan SK baru yang ditetapkan oleh Kemenkumham, kata dia, posisi Helldy dan pengurus lainnya hanya bersifat sebagai anggota biasa.

“(SK lama) Sudah tidak berlaku lagi. Mereka (Helldy dan pengurus) sifatnya anggota biasa. Tidak masuk dalam struktur. Karena sesuai SK yang dicabut Nomor 25 dan diganti dengan SK yang berlaku sekarang ini, sudah tidak lagi masuk struktur dan hanya anggota biasa,” ujarnya mendampingi Plt Ketua Berkarya Banten, Putu Kamiani disela-sela rehat Rapat Konsolidasi Pembentukan 8 DPD Kota/Kabupaten yang diselenggarakan di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/8/2020).

“Ini kan acuannya sebagai SK Kemenkumham Nomor 17 itu. Ketika dicabut SK DPW dan DPD-nya, secara otomatis rekomendasi yang dikeluarkan lebih awal oleh pimpinan terdahulu, secara otomatis, dengan sendirinya tidak berlaku lagi,” sambung dia.

Bahkan, Mahyar menyebut, rekomendasi Pilkada di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang yang sebelumnya sempat diberikan oleh Ketua Umum Berkarya sebelumnya, Hutomo Mandala Putra kepada Helldy Agustian-Sanuji sebagai Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon serta Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Serang, tidak berlaku atau secara otomatis dianulir.

“Dengan dicabutnya struktur pengurus DPW dan DPD, dengan sendirinya itu (Rekomendasi Bacalon), secara otomatis tidak berlaku lagi,” terangnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya tengah membentuk kepengurusan baru dengan menggelar konsolidasi kader Berkarya yang ada di 8 kota/kabupaten. Langkah awal itu dilakukan dengan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua dan Sekretaris di masing-masing DPD Berkarya. Dimana selanjutnya akan didefinitifkan dan melakukan penjaringan ulang Kandidat Bacalon yang baru.

“Di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon akan penjaringan ulang untuk mendapatkan kandidat yang kami usung dari Partai Berkarya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, seluruh administrasi dan proses penjaringan Bacalon dapat selesai sesegera mungkin setelah pengurus di DPD terbentuk.

“Insya Allah kita akan secepatnya. Kita akan melakukan koordinasi, konsolidasi baik dengan kandidat maupun pengurus yang kami bentuk selama ini, masih ada waktu. Kan pendaftaran tanggal 4 sampai 6 September. Kami masih ada waktu sebelum tanggal 20 agustus, kita sudah ready,” tuturnya.

Diketahui dalam rapat konsolidasi tersebut, SK Penetapan Personalia Pelaksana Tugas diserahkan ke 5 kota/kabupaten pengurus Berkarya di Banten. Satu diantaranya, DPW Berkarya Banten menunjuk Evi Silvi Yuniatul Hayati sebagai Plt Ketua DPD Berkarya Cilegon.

Plt Ketua Berkarya Cilegon, Evi Silvi mengatakan, penunjukannya sebagai Plt Ketua merupakan amanat yang akan dijalankan sebaik-baiknya. Dengan penunjukan ini, pihaknya akan secepatnya membentuk kepengurusan yang baru termasuk melakukan proses penjaringan baru.

“Terkait rekom pilkada, khususnya rekom pilkada Cilegon, itu harus dimulai dari awal lagi. Dengan adanya Plt DPD Berkarya Cilegon, kita membentuk dulu musdalub, kemudian definitif dan kita lakukan penjaringan baru,” tuturnya.

Ia mengaku optimis bisa segera membentuk kepengurusan baru dibawah kepemimpinannnya kedepan.

“Waktu 15 hari lah. Makanya ini kita kerja estafet. Setelah Plt diserahkan dan definitif, besok kita langsing action,” pungkas Silvi yang juga pengacara.

Sementara, Ketua Berkarya Banten, Helldy Agustian saat dihubungi belum dapat terkonfirmasi. Pesan pendek yang dituju juga belum direspon. (Ronald/Red)