Walikota dan Wakil Walikota, helldy Agustian-Sanuji Pentamarta bicara terkait rotasi dan mutasi jabatan di Kota Cilegon, Senin (30/8/2021). Foto Screenshoot video

CILEGON, SSC – Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta menegaskan tidak ada praktik jual beli jabatan dalam rotasi, mutasi dan promosi di Lingkup Pemerintahan Kota Cilegon.

Hal ini terungkap dalam video yang diterima Selatsunda.com pada Senin (30/8/2021).
Dalam video berdurasi 2 menit tersebut, Walikota Helldy didampingi wakilnya, Sanuji dan Sekda, Maman Mauludin serta Kepala BKPP, Heri Mardiana.

Walikota Helldy mengungkapkan, rotasi dan mutasi adalah hal yang biasa. ASN tidak perlu cemas karena rotasi dan mutasi adalah bentuk penyegaran organisasi.

Helldy mengungkapkan, pihaknya berkomitmen dalam kenaikan pangkat ASN tidak menggunakan praktik jual beli jabatan. Ia menegaskan tidak ada praktik tersebut baik mengatasnamakan tim sukses (timses) maupun aparat ASN.

Baca juga  Sejumlah Elit Politik Hadiri Pelantikan Partai Beringin Karya Cilegon

“Kami berempat berkomitmen, bahwa kenaikan pangkat dan jabatan tidak sesuatu atau membayar. Baik dari tim sukses maupun aparat ASN maupun lainnya,” ujarnya.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Walikota Helldy kembali menegaskan tidak ada transaksional dalam rotasi mutasi jabatan. Bilamana ada yang mengatasnamakan kepala daerah dan menjanjikan jabatan, Helldy meminta untuk melaporkan kepadanya dan segera menindak lanjutinya.

“Iyah kalau ada tim sukses atau orang yang titip dengan mengatasnamakan dekat dengan kami (walikota, wakil walikota dan Baperjakat) bisa memutasi dan bisa memastikan jabatan seseorang OPD, sikat! Laporkan ke saya,” tegas Helldy.

Sejauh ini terkait hasil tes wawancara 32 pejabat eselon II, kata Helldy, dirinya belum menerima laporan dari Baperjakat.
Rencananya, hasil tersebut akan dijadikan acuan memutasi sejumlah pejabat. Di mana pada September mendatang 6 pejabat eselon II akan dilantik.

Baca juga  Helldy-Sanuji Dengan Elit Parpol Cilegon Makan Siang Satu Meja, Bicara Konsolidasi Politik?

“Tadinya kan akhir Agustus, saya undur jadi awal September,” ucapnya.

Senada dikatakan oleh Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta. Ia mengatakan jika Helldy-Sanuji berkomitmen untuk tidak korupsi.

“Ini merupakan bagian dari janji kami berdua, untuk tidak melakukan korupsi,” pungkas Sanuji. (Ully/Red)