Caleg PAN Kota Cilegon, Rahmatulloh meninjau rumah warga yang memprihatinkan di Lingkungan Gempol Kulon, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kamis (16/11/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Rumah seorang warga yang ada di Lingkungan Gempol Kulon, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon dalam kondisi memprihatinkan. Atap rumah dari pasangan suami istri, Muhit dan Tunaroh ini rawan roboh karena konstruksinya lapuk.

Kondisi warga yang rumahnya tidak layak huni ini mendapat keprihatinan dari Caleg PAN Kota Cilegon, Rahmatullah. Caleg asal Daerah Pemilihan (Dapil) I Jombang-Purwakarta ini langsung merespon dan turun ke lokasi.

Tampak di lokasi, rumah warga tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Sebagian atap pada bagian ruang depan terlihat bolong tak tertutupi genteng. Kemudian kontruksi kayu penyangga genteng juga tampak lapuk dan membahayakan.

Caleg PAN Rahmatulloh mengatakan, dia datang ke lokasi memberi bantuan dan dukungan semata-mata untuk kemanusiaan. Sebenarnya, kata Rahmatulloh, kondisi rumah yang dialami pasutri, Muhit dan Tunaroh ini banyak di Cilegon. Tentunya sebagai bagian dari masyarakat, Rahmatulloh mengaku tersentuh untuk peduli kepada yang membutuhkan.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Ini bagian dari masyarakat saya yang perlu mendapatkan sentuhan bukan hanya dari seorang warga masyarakat atau seorang caleg atau pejabat. Tetapi ini persoalan kemanusiaan,” ujarnya.

Rahmatulloh mengungkapkan, bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan pasangan tersebut. Paling tidak dapat beraktivitas kembali dan hidup nyaman.

“Supaya mereka juga paling tidak nyaman, teratapi. Tidak terkena hujan, atau kepanasan ini membuat dia tanang untuk melakukan aktivitas dirumahnya,” paparnya.

Ia mengharapkan agar persoalan rumah dari pasutri Muhit dan Tunaroh ini dapat diselesaikan oleh pemerintah.

Kabar yang ia terima, rumah tersebut akan dibantu lewat kegiatan/program Sarana dan Prasarana Lingkungan Rukun Warga (Saluran) Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel). Namun menurut dia bantuan tersebut terlalu lama akan direalisasikan sekitar April 2024. Sementara kondisi rumah tersebut sudah sangat urgen untuk diberikan bantuan cepat karena saat ini memasuki musim penghujan.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Istiqomah, Sudiro mengatakan, kondisi yang menimpa rumah dari Muhit dan Tunaroh ini sudah terjadi sepekan lalu karena turun hujan.

“Kondisi seperti ini baru 1 seminggu. Ini efek dari hujan. Jadi lama kelamaan ini basah dan seperti ini (rawan ambruk),” tuturnya.

Ia menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan caleg PAN, Rahmatulloh. Pihaknya berharap ada bantuan yang sama dari para dermawan dapat membantu warganya tersebut.

“Saya atas nama masyarakat, mengucapkan Alhamdulillah kepada pak haji Rahmat yang mau membantu memberikan keringanan kepada Bapak Muhit dan Ibu Tunaroh. Mudah-mudahan ada yang peduli lagi,” harapnya. (Ronald/Red)