Plh Asda II Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Plh Asisten Daerah (Asda) II Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra meminta agar OPD yang ada dibawah naungannya untuk segera melakukan koordinasi terkait langkah-langkah mengantisipasi banjir. Hal ini disampaikan mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.

“Itu (antisipasi potensi banjir) jadi atensi pimpinan juga. Di apel Senin lalu, beliau (Walikota Helldy Agustian) menginstruksikan agar secepatnya dilakukan koordinasi dengan OPD-OPD terkait, kaitan dengan antisipasi banjir menghadapi musim penghujan,” ujar Aziz, Rabu (15/11/2023).

Aziz mengungkapkan, ada beberapa OPD terkait yang berada dinaungannya perlu melakukan antisipasi banjir. OPD itu yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Nanti kita akan menginstruksikan supaya sungai di normalisasi. Untuk normalisasi sungai ada pada kewenangan DPUPR. Kemudian tnadon-tandon yang ada juga dimaksimalkan.  Persoalan sampah di badan sungai, itu juga diantisipasi. Sampah yang ada, harus dibersihkan dari badan sungai. Makanya kita akan koordinasikan dengan OPD terkait, dalam hal ini DPUPR, DPRKP dan LH, dinas-dinas yang menjadi lingkup dari Asda II,” tuturnya.

Aziz menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi untuk membahas cepat langkah-langkah tersebut.

“Minggu depan kita rapatkan,” terangnya.

Terkait persoalan banjir yang biasa disebabkan buang sampah sembarangan, Aziz meminta agar masyarakat dapat sadar dengan lingkungan. Masyarakat diharapkan jangan membuang sampah sembarangan terutama ke sungai/kali.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Mudah mudahan masyarakat juga sadar, disiplin untuk untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah di lingkungan masing-masing harus dikelola secara baik,” harapnya. (Ronald/Red)