Ilustrasi kendaraan saat di Gerbang Tol Serang Panimbang. (Foto Dok Humas PT Wijaya Karya Serang Panimbang

LEBAK, SSC –  Event Budaya Seba Baduy yang masuk dalam Karisma Even Nusantara (KEN) yang merupakan salah satu strategi kolaboratif Kemenparekraf RI bersama Pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas selalu sukses diselenggarakan setiap tahunnya.

Pada Event Budaya Seba Baduy tahun ini, PT Wijaya Karya Serang Panimbang selaku pengelola Tol Serang-Panimbang memberikan Diskon Tarif khusus untuk pengguna jalan yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Rangkasbitung. Diskon tarif Tol yang akan diberikan untuk menunjang event ini sebesar 30 persen selama 4 hari mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Mei 2024 untuk semua Golongan Kendaraan dan berlaku khusus ruas di Tol Serang Panimbang saja.

“Diskon Tarif Tol khusus sebesar 30% ini diberlakukan mulai pukul 00.00 WIB mulai tanggal 16 Mei 2024 hingga 19 Mei 2024 pukul 24.00 WIB, hanya berlaku di Pintu Tol Keluar Serang-Panimbang seperti : Gerbang Tol Cikeusal, Gerbang Tol Tunjung Teja & Gerbang Tol Rangkasbitung. Tidak berlaku untuk Tarif Integrasi dengan Tol Tangerang-Merak” ujar Budi Suanda, Direktur Teknik dan Operasi PT Wijaya Karya Serang Panimbang dalam keterangan tertulisnya diterima Selatsunda.com, Senin (13/5/2024).

Baca juga  Cilegon Butuh Anggaran Rp 113,6 Miliar Rampungkan Medical Center Lantai 5 RSUD Cilegon

Diketahui, Event Seba Baduy merupakan upacara adat yang dilakukan setahun sekali sebagai wujud syukur atas limpahan hasil pertanian yang dilaksanakan setelah kegiatan Kawalu dan Seren Taun (Ngalaksa). Dalam kegiatan tersebut, rombongan Seba berjalan kaki dari Desa Kanekes menuju tempat tujuan Seba (Ibukota Kabupaten dan Provinsi) sambil membawa hasil bumi untuk diserahkan dan memberikan aspirasi perihal eksistensi budaya Baduy serta pelestarian lingkungan Baduy yang telah ratusan tahun dipegang teguh.

Event Seba Baduy sendiri akan berlangsung mulai dari tanggal 16 Mei 2024 hingga 19 Mei 2024 dengan Main Event dan Side Event diantaranya Ritual Seba Baduy, Pameran Ekraf Baduy, Camping Ground, Fashion Designer Competition dan Acara Hiburan lainnya.

Selain itu, tentunya akan ada program-program menarik yang telah disiapkan oleh Disbudpar  Lebak, Banten. Agenda puncak event Seba Baduy ini dilaksanakan di Alun-Alun Rangkasbitung, yang jika menggunakan Jalan Tol Serang-Panimbang hanya membutuhkan waktu tempuh 1.30 jam dari Jakarta.

Baca juga  2 Dokter dan 6 Paramedis Kota Cilegon Diturunkan untuk Jadi Petugas Kesehatan Calhaj di Mekkah

Selain Diskon Tarif Tol, Tol Serang Panimbang di Bulan Mei ini juga mengadakan event bagi-bagi hadiah dengan tema “Liburan Seru Dapet Giveaway Lewat Tol Serang Panimbang!” untuk pengguna jalan yang beruntung. Kemudian ada juga hadiah Kartu Tol dengan akses gratis selama periode khusus senilai 200K, Voucher Free Menginap di Tanjung Lesung atau Mutiara Carita Cottage, Voucher Diskon hingga 50% Menginap di Tanjung Lesung dan Mutiara Carita Cottage, dan Hadiah menarik lainnya. Periode Event berlangsung dari tanggal 09 Mei 2024 hingga tanggal 26 Mei 2024. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di Instagram @wikaserpan.

“Event Diskon Tarif Tol dan Giveaway ini dilaksanakan sebagai bentuk terimakasih kepada pengguna jalan yang telah menggunakan Jalan Tol Serang Panimbang untuk mobilitas yang cepat, nyaman, dan aman. Selain itu juga sebagai dukungan kami untuk mendukung program Karisma Event Nusantara (KEN), mengenalkan budaya Banten dan ikut serta dalam pelestarian budaya & pelestarian lingkungan” terang Budi Suanda. (Red)