Petugas mengecek suhu tubuh pengguna jalan saat di check poin Kalodran, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Pelanggaran yang dilakukan masyarakat Kota Serang selama dijalankannya penerapan Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) cenderung menurun. Penurunan pelanggaran ini terkait makin tingginya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Serang, Kusna Rondani, Selasa (13/10/2020) mengatakan, pelanggaran sejak pertama kali PSBB diterapkan di bulan september hingga awal Oktober 2020 tercatat banyak pelanggaran. Dalam satu tempat, jumlah rata-rata yang melanggar antara 80 sampai 100 orang. Namun memasuki awal pertengahan Oktober ini, jumlah pelanggaran cenderung menurun.

“Selama bulan September dan Oktober ada 1.207 orang yang melanggar protokol kesehatan dan mendapatkan sanksi sosial. Saat ini cenderung menurun, sebab pertama kali dilaksanakan kami merazia 80 sampai 100 orang, sekarang-sekarang ketika melakukan razia protokol kesehatan, paling tinggi 30 orang,” ujarnya.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

Dari kecenderungan jumlah pelanggar yang menurun, kata dia, hal itu menunjukan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19 semakin tinggi. Ia optimis kedepan masyarakat semakin disipli dengan menggunakan masker dan menjaga jarak di tempat umum. Tentu, kata dia, hal itu perlu dukung Gugus Covid di seluruh kecamatan di Kota Serang agar turut serta memberlakukan penerapan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

“Kalau di lapangan, salah satu tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi, dengan rutinitas saja (pendisiplinan),” paparnya.

Ia menuturkan, giat pendisiplinan akan terus berkelanjutan dilakukan pihaknya. Rencananya, Satpol PP dalam pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 akan melaksanakannya hingga bulan Desember 2020 mendatang. Meskipun pemberlakuan PSBB di Kota Serang berakhir pada Selasa, (20/10/2020).

Baca juga  Satu Pegawai Disnaker Cilegon Terkonfirmasi Corona

“Kita mengikuti Kepgub (PSBB) hingga 20 Oktober, namun pendisiplinan protokol kesehatan akan terus sampai dengan bulan Desember,” pungkasnya. (SSC-03/Red)