Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Miraj saat diwawancara di kantornya. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’Raj menyatakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilegon akan mengawasi 10 janji politik Helldy-Sanuji, yakni salah satunya pada penyerapan 25.000 tenaga kerja Warga Cilegon.

“Saya akan awasi itu Pak (janji politik) Pak Helldy dan Pak Sanuji yang akan menyerap 25.00 tenaga kerja di Cilegon. Saya awasi itu ya pa wakil. Semoga terealisasi,” kata Isro dalam sambutan pada acara Kunjungan Lemhannas di Aula Diskominfo Kota Cilegon,” Selasa (5/4/2021) kemarin.

Menurutnya, langkah tersebut dianggap luar biasa terlebih lagi saat ini angka pengangguran di Kota Cilegon berada di urutan nomor 2 di Indonesia. Meskipun Kota Cilegon memiliki banyak industri.

“Jadi kenapa Cilegon ini banyak industri tapi angka pengangguran tinggi? Karena dulu orang tua kita lebih cendrung untuk menyekolahkan anak-anaknya ke berbagai sekolah religius (madrasah dan pondok pesantren),” ujarnya.

Berdasarkan hasil data yang dimiliki oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Cilegon pengangguran di Kota Industri meningkat sejak tahun 2019 hingga 2020 lebih dari 7.000 orang. Dari sebelumnya tercatat sebanyak 18.383 orang meningkat menjadi 25.976 orang.

“Cilegon ini padat modal bukan padat karya. Sehingga membutuhkan tenaga kerja tak terlalu banyak. Selain itu juga membutuh skill yang cukup tinggi,” katanya.

Dengan kondisi ini, Isro meminta agar Pemkot Cilegon untuk bisa meningkatkan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal dan profesional dengan tujuan untuk menurunkan anja pengangguran di Kota Cilegon. (Ully/Red).