Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam paparanya usai melakukan kunjungan di Pelabuhan Merak Eksekutif,” Minggu (9/5/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bersama dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri PU-Pera, Basuki Hadimuljono, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu (9/5/2021).

Dalam kunjungan bersama rombongan, Menkes Budi Sadikin menyatakan, saat ini upaya yang dilakukan pemerintah adalah bagaimana mengurangi laju penularan Covid-19. Sejauh ini, kata dia, dari identifikasi yang dilakukan pihaknya ditemukan mutasi Covid-19 baru. Mutasi Corona baru itu ditemukan masuk dari Wilayah Palembang.

“Mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di Sumatera salah satunya masuknya di Palembang,” ujarnya saat konferensi pers di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak.

Baca juga  Satu Anggota KPPS di Kota Cilegon Dikabarkan Meninggal Dunia

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada seluruh pihak yang bertugas dalam pemberlakukan larangan mudik Lebaran di wilayah Banten untuk mewaspadai orang yang melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera dan sebaliknya yang kembali. Agar laju penularan diminimalisir, Menkes meminta calon penumpang dites.

“Sehingga bapak ibu benar-benar menjaga orang yang nyeberang kemudian balik lagi dan orang Sumatera masuk kesini, itu kalau bisa minimal dites,” tuturnya.

“Supaya kita tahu jangan sampai pergerakan itu meningkatkan laju penularan terutama yang masuk dari Sumatera. Karena mutasinya masuk dari sana dan Sumatera sedang tinggi,” ucapnya.

Kemudian, Menkes Budi juga mengingatkan agar petugas di lapangan tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker. Karena masker adalah salah satu cara mengurangi laju penularan Covid-19.

Baca juga  KPU Cilegon Beri Santunan Rp 42 Juta Kepada Keluarga Anggota KPPS yang Meninggal Dunia

“Terima kasih kepada teman-teman di Polri selalu membagi-bagikan masker, itu butuh edukasi. Itu mengurangi sangat jauh laju penularan,” pungkasnya. (Ully/Red)