Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin (Kanan) menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Curug, di salah satu rumah makan di Kota Serang, Selasa (19/1/2021). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Berbagai masukan masyarakat pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kota Serang diminta untuk tetap diprioritaskan meski saat ini tengah dilanda Covid-19. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin usai menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Curug, di salah satu rumah makan di Kota Serang, Selasa (19/1/2021).

Orang nomor dua di Kota Serang ini menyampaikan, agar masukan pada Musrenbang harus tetap diserap karena merupakan bagian dari RPJMD.

“Pertama di samping amanah RPJMD ada hambatan kendala yang terjadi di kita (Covid-19). Apapun itu dengan keterbatasan anggaran di RKPD di awali musyawarah tingkat Kelurahan, Kecamatan nanti ke Kota tentu bisa menghasilkan skala prioritas,” kata Subadri kepada media usai kegiatan.

Baca juga  Satu Anggota KPPS di Kota Cilegon Dikabarkan Meninggal Dunia

Ia mengatakan, segala masukan dalam forum Musrembang tingkat kecamatan itu akan ditampung oleh Pemkot Serang. Di mana hasilnya nanti menjadi dasar penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022.

“Apapun keinginan masyarakat itu harus direalisasikan, sepanjang memang banyak manfaat dan mengurangi sedikit mudarat,” jelasnya.

Sementara, Plt Kepala Bappeda Kota Serang, Wachyu Budi Kristiawan mengungkapkan, wilayah Kecamatan Curug memiliki potensi yang besar. Salah satunya UMKM yang mengembangkan makanan khas daerah. Diharapkannya ke depan pengembangan potensi tersebut dapat ditingkatkan agar lebih berdaya saing.

“Contoh di Kecamatan Curug ada perajin emping melinjo. Selama ini daya saing muncul karena harganya murah atau tenaga kerjanya murah. Tetapi kita menginginkan daya saing bukan dari harganya murah, tapi mutu produknya, kualitasnya, rasanya,” ucap Wachyu.

Baca juga  KPU Cilegon Beri Santunan Rp 42 Juta Kepada Keluarga Anggota KPPS yang Meninggal Dunia

Ia menyatakan, di wilayah Kecamatan Curug selain menyerap pemberdayaan ekonomi masyarakat juga direncanakan pembangunan Ruang Terbuka Hijau. Diharapkan pembangunan RTH di Kecamatan Curug pada 2022 dapat terealisasi.

“Tahun ini rencana pembangunan RTH ada tiga, alun-alun Walantaka melanjutkan, kemudian alun-alun Taktakan dan Serang membangun dari awal. Tahun depan 2022 sisanya Kecamatan Curug dan Kecamatan Kasemen. Nah itu untuk program unggulan,” tandasnya. (SSC-03/Red)