Puluhan kader Partai Berkarya Banten Kubu Tommy Mandala Putra membentuk kepengurusan baru saat di salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Minggu (2/5/2021). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Partai Berkarya kubu Hutomo Mandala Putra (HMP) memperkuat barisan partai setelah gugatan yang diajukan HMP atau Tommy Soeharto selaku Ketua Partai Berkarya dikabulkan oleh PTUN  Jakarta. Pada Minggu, (2/5/2021), Partai Berkarya HMP melakukan konsolidasi di Provinsi Banten dengan membentuk kepengurusan di tingkat DPW. Dalam Rapat Pleno Diperluas DPW telah ditetapkan Muhibad sebagai Ketua Terpilih dan Didi Sunardi sebagi Sekretaris Partai Berkarya Banten HMP.

Sekretaris DPW Partai Berkarya Banten HMP, Didi Sunardi mengatakan, kesepakatan pembentukan ketua dan pengurus baru ini menindak lanjuti hasil keputusan gugatan PTUN. Pihaknya melihat, setelah muncul dualisme kepemimpinan baik kubu HMP dan Muchdi PR hingga konflik partai berujung di gugatan PTUN, banyak pengurus yang terbelah. Karena saat ini gugatan telah dimenangkan Partai Berkarya HMP maka pihaknya perlu merajut kembali struktur dan pengurus partai.

“Kita bergerak ini setelah PTUN, untuk konsolidasi. Karena struktur organisasi kita kosong maka kita lakukan restrukturisasi. Karena partai sempat stag. Artinya, Partai Berkarya masih ada, walaupun tiga perempatnya sudah ke Partai Beringin Karya (Berkarya Kubu Muhdi Pr), tapi sisa-sisanya ini ingin kita rangkul,” ungkapnya kepada awak media usai pembentukan pengurus yang diggelar di salah satu Rumah Makan di Wilayah Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Baca juga  Bahas RPJMD 2021-2026, Pansus DPRD Cilegon Temukan Banyak Penyusunan Program Menyimpang Permendagri
Rapat Pleno Diperluas DPW Partai Berkarya Banten HMP

Hasil rapat pleno diperluas, kata Didi, diputuskan secara aklamasi. Pengurus dan Tujuh DPD kota/kabupaten sepakat memutuskan Muhibad sebagai Ketua Terpilih DPW dan dia sebagai sekertaris.

“Jadi secara langsung kita masih solid,”paparnya.

Disinggung adakah upaya Berkarya Banten HMP sebelum pembentukan tersebut melakukan konsolidasi Helldy Agustian selaku Ketua DPW Berkarya (Beringin Karya) Banten kubu Muhdi Pr, Didi tak menampiknya. Pada 21 April 2021 lalu, pihaknya telah mendatangani Helldy Agustian saat di kantor Walikota Cilegon. Helldy dalam pertemuan itu, kata Didi, meminta agar seluruh struktur dan pengurus baik kubu HMP dan Muhdi Pr dapa menunggu hasil banding yang berproses.

“Beliau (Helldy) menyampaikan ke saya, pak Didi, angan terlalu buru-buru melakukan (rekonsiliasi) itu. Karena kita (kubu Muhdi Pr) sedang banding. Kata beliau, monggo pak didi lanjutkan saja. Beliau menunggu dengan hasil banding,” ujar Didi seraya mengucap kata Helldy saat pertemuan.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

Sementara itu, Perwakilan Berkarya HMP Kota Cilegon, Rebudin menambahkan, penetapan ketua, sekretaris dan pengurus DPW yang saat ini diputuskan mengacu pada SK Partai Berkarya Banten 2017 yang kala itu ditandatangani oleh Ketua Partai, Hutomo Mandala Putra dan Sekretaris Jenderal, Priyo Budi Santoso. Dalam konsolidasi ini, sekitar 60 persen dari 62 pengurus bergabung dalam Berkarya Banten HMP.

“Jadi kalau mengacu pada SK Pengurus Berkarya Banten tahun 2017, jumlah pengurus ada 62 orang dan yang bergabung dengan kami sekitar 60 persen. Sisanya ada yang ke Partai Beringin Karya dan lainnya. Sekarang inilah, upaya kita untuk menyatukan kembali pengurus yang ada di partai di mana-mana,” tuturnya. (Ronald/Red)