Walikota Serang, Syafrudin (ketiga dari kiri) berfoto bersama para peserta seleksi jabatan sekda saat di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (18/11/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang tak akan lama lagi mengumumkan nama tiga besar calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang.

Ketua Pansel JPT Sekda Kota Serang sekaligus Kepala BKD Provinsi Banten Komarudin mengatakan, pada saat ini kelima peserta yang mengikuti seleksi terbuka jabatan sekda telah menjalani rangkaian tahapan penilaian yang dilakukan oleh Tim Pansel. Tahapan yang telah diikuti mulai dari seleksi adminitrasi, tes kompetensi, penelusuran rekam jejak, penulisan makalah serta tes wawancara.

Ia menyatakan, nilai seluruh tahapan akan diakumulasi di mana nanti hasilnya akan menentukan tiga besar yang layak menjadi calon sekda.

“Hari ini terakhir test wawancara. Masing-masing peserta diberikan waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam,” kata Komarudin kepada Selatsunda.com ditemui di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (18/11/2020).

Ia memastikan, Pansel setelah tahapan seleksi wawancara selesai akan segera menetapkan 3 besar calon yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Seiring itu, pansel juga menunggu rekam jejak yang dihimpun inspektorat.

“Jika dari bagian Inspektorat telah menyerahkan penilaian rekam jejak dari 5 calon sekda, kemungkinan hari ini, Rabu (18/11/2020) bisa keluar siapa nama-nama calon masuk ke 3 besar ini. Sebaliknya, jika penilaian dari Inspektoran belum keluar, kemungkinan pengumuman 3 besar akan disampaikam besok, Kamis (19/11/2020). Kita tunggu saja hasilnya nanti,” ujarnya.

Baca juga  2 Pegawai Pengadilan Agama Serang Positif Covid-19, Persidangan Ditutup Sementara

Hasil dari tiga besar calon sekda, sambung dia, selanjutnya akan diserahkan Tim Pansel ke Walikota Serang, Syafrudin untuk kemudian ditindaklanjuti ke KASN.

“Kalau dari KASN sudah okay nama-nama tersebut, barulah keputusanya terakhir dari Pak Walikota (Syafrudin) yang selaku kepala daerah untuk selanjutnya digelar pelantikan,” ujarnya.

Ia menyatakan, pansel dalam menjalankan tugas berkerja secara profesional dan independen. Tidak ada pihak yang mengintervensi atau campur tangan saat calon diseleksi.

“Tidak ada cawe-cawe dalam hal ini. Dan tidak ada celah juga untuk melakukan hal itu. Kami (Tim Pansel,red) itu bekerja profesional, pansel itu kolektif. Dan tidak ada Intensi apapun. Mau nitip gimana? Dan yang jelas, kami ini indendent dan tegas,” katanya.

Di tempat yang sama, Walikota Serang, Syafrudin mejelalaskan, kehadirannya di lokasi untuk memantau jalannya tes terakhir selter sekda yang diikuti lima anak buahnya. Kata Syafrudin, dari kelima yang mengikuti tes tidak ada yang dianak emaskan. Seluruh hasil tes diserahkan kepada pansel sebagai tim penilai.

“Saya (Walikota Serang) bersama dengan Pak Komar (Ketua Tim Pansel) ingin melihat langsung kondisi dari para peserta. Saya juga tekankan kepada Tim Pansel agar kegiatan lelang ini bisa berjalan profesional dan normatif. Tinggal kejelian dari Tim Pansel saja memilih dari kelima peserta ini. Dan semua keputusan ada di tim pansel. Bagi saya tidak ada yang di spesialkan,” tegas Walikota.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

Syafrudin meminta agar Tim Pansel tidak terburu-buru atau bahkan sebaliknya memberi penilaian kepada kelima peserta.

“Harapan saya secepatnya bisa keluar. Tapi perlu ditekankan, agar keputusan mereka (tim pansel) jangan diperlambat atau di cepat-cepatin. Kalau diburu-buru pun hasilnya kurang bagus di perlambat juga image/pandangan masyarakat gak enak juga. Normatif aja,” terangnya.

Ia berharap, siapapun sekda yang nanti terpilih bisa membantunya menuntaskan pembangunan di Kota Serang. Sebab, seorang sekda mengemban tugas mengakomodir kepentingan masyarakat dan pemerintahan.

“Sekda itu jabatan tertinggi ASN. Tentunya harus bisa dan mampu berkoordinasi dengan semua Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kota Serang,” harapnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, lima pejabat tinggi pratama mengikuti seleksi terbuka jabatan Sekda Definitif Kota Serang. Kelima diantaranya yakni Penjabat Sekda Kota Serang Nanang Saefudin yang juga sebagai Kepala Bappeda Kota Serang, Staf Ahli Wali Kota TB Urip Henus yang juga mantan Sekda Kota Serang. Kemudian, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Poppy Nopriadi, Kepala Disparpora Kota Serang Yoyo Wicahyono dan Kabiro Ekbang Provinsi Banten, Ahmad Syaukani.(Ully/Red)