Kesbangpol Kota Cilegon menggelar kegiatan Penguatan Peran Partai Politik yang digelar di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (2/8/2023).

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon mengharapkan kepada partai politik untuk berperan serta mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Hal ini disampaikan oleh Plt Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon Sri Widayati saat kegiatan Penguatan Peran Partai Politik yang digelar di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (2/8/2023).

Sri Widayati mengatakan, upaya sosialisasi yang digelar pihaknya dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Ia menyatakan, sejauh ini dengan melihat kontestasi Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 berjalan kondusif. Hal yang sama diharapkannya untuk Pemilu 2024. Di mana tingkat partisipasi pemilih di Cilegon nanti dapat meningkat.

Baca juga  Pemkot Cilegon Kumpulkan OPD Benahi SOP Perizinan di Mal Pelayanan Publik

“Sekarang kita berharap, pada Pemilu 2024, kita berharap Cilegon aman damai, tertib, dengan tingkat partisipasi tinggi dan tingkat suara sah juga tinggi,” ujarnya.

Ia mengaku, memang pada Pemilu 2019 masih terdapat masyarakat yang tidak belum menggunakan hak pilihnya alias golput.

“Salah satu faktor masih banyak warga Cilegon masih golput, karena, masih banyak kurang tahuan masyarakat dalam melakukan tata cara menggunakan hak pilih, faktor pekerjaan dan faktor sakit,” kata Sri.

Ia menambahkan, upaya yang dilakukan Kesbangpol Kota Cilegon dalam meningkatkan minat masyarakat agar tidak golput, mulai gencar melakukan sosialisasi Pemilu di 43 kelurahan dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilu.

Mantan Sekretaris DLH Kota Cilegon ini pun tak menampik jika pihaknya masih membutuhkan waktu dan sosialisasi agar tidak ada warga Cilegon yang tidak golput saat Pemilu 2024 nanti.

Baca juga  Bawaslu Cilegon Ungkap Data Orang Meninggal Rawan Terdaftar Jadi Pemilih

“Kalau 100 persen warga Cilegon gak golput mah gak mungkin yah. Tapi, kita akan upayakan dan maksimalkan agar partisipasi masyarakat bisa tinggi di 2024. Upaya kongkrit kami lakukan, dengan melakukan kolaborasi dengan seluruh stakholder, pemerintahan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Dalam hal ini, Sri menjelaskan kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memperkuat peran partai politik menjelang pemilu 2024.

“Parpol perlu penguatan agar turut serta mensosialisasikan pemilu ini ke semua masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Ada 80 peserta dari 18 parpol yang kita undang,” pungkasnya. (Ully/Red)