Polisi mencegat truk yang mengangkut pemudik di Check Point Larangan Mudik tepatnya di Gerbang Keluar Tol Merak, Kota Cilegon, Kamis (21/5/2020) dini hari. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemudik yang nekat menyeberang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon masih saja ditemukan oleh polisi. Sebelumnya, petugas mendapati pemudik menumpang dengan cara bersembunyi di dalam losbak. Ada juga yang menaikan kendaraan ke dalam truk.

Kini modus baru pemudik yang coba-coba mengelabui petugas kembali ditemukan. Pemudik menumpang di dalam truk dengan duduk bersembunyi dibelakang kursi sopir. Truk mengangkut pemudik ini langsung di putar balik oleh polisi saat dalam Penyekatan Kendaraan di Gerbang Keluar Tol Merak.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, cara yang dilakukan pemudik menumpang truk bukan sekali saja terjadi. Sebelum-sebelumnya cara yang sama juga ditemukan.

“Kita temukan itu di lapangan, ada modus truk lagi. Truk berikut dengan penumpangnya kita putar balik,” ujar Dirlantas dikonfirmasi, Kamis (21/5/2020).

Kendaraan pemudik, kata Dirlantas, diputar balik sesuai aturan pemerintah melarang mudik Lebaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Sejauh ini, Ditlantas sejak larangan mudik diberlakukan menemukan bermacam modus pemudik mencoba-coba menyeberang di Pelabuhan Merak. Seperti kendaraan losbak tidak sesuai peruntukannya dengan mengangkut pemudik, diputar balik.

“Modus (pemudik) banyak. Mulai dari travel gelap sudah berkurang, kita tilang. Kemudian pikap angkut pemudik, kita tilang. Towing angkut pemudik dan kendaraan, kita putar balik juga. Kita konsisten, putar balik,” paparnya.

Untuk diketahui, dari data Ditlantas Polda Banten mulai 24 April hingga 20 Mei 2020, jumlah kendaraan yang diputar balik sebanyak 6.933 unit kendaraan. Diantaranya 2.913 unit kendaraan bermotor, 3.727 kendaraan pribadi dan 283 kendaraan umum. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here