Truk fuso yang tercebur ke laut saat di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, berhasil dievakuasi, Jumat (13/8/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kendaraan truk puso yang kecebur ke dalam laut di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon di evakuasi, Jumat (13/8/2021). Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan kendaraan crane.

Informasi yang dihimpun, proses evakuasi truk muatan pakan ternak bernomor plat BG 8352 UK itu dilakukan sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelum evakuasi dengan menggunakan crane, seorang penyelam turun ke dasar laut untuk mengikat tali ke badan truk. Sekitar pukul 17.30 WIB, truk baru mulai bisa terangkat. Saat ditarik,  tampak truk sudah kosong muatan.

Terlihat roda belakang truk sebelah kiri tidak utuh. Rangka bak terbuka truk juga tampak mengalami kerusakan. Kondisi tidak utuh juga tampak pada kaca pengemudi. Saat truk diturunkan di samping dermaga, terlihat oli bercampur air laut berwarna hitam mengalir.

Baca juga  PTM Berjalan Tiga Pekan, Dindik Cilegon Klaim Tak Temukan Klaster Sekolah

Kepala PT ASDP Cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan, evakuasi truk yang tercebur ke laut baru selesai pada pukul 17.30 WIB.

“Alhamdulilah, saat sore tadi truk sudah terangkat ke atas,” ujar GM Lessy di lokasi.

GM mengungkapkan, proses evakuasi berjalan tanpa kendala. Sejauh ini, kata Lessy, bongkar muat kendaraan sejak truk tercebur hingga berhasil diangkat masih lancar. Meski di lapangan sempat terhenti sementara saat proses evakuasi.

“Secara operasional, bongkar muat kata Hasan, tidak ada gangguan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, truk yang tercebur akan diklaim kepada pihak asuransi. Namun  motor milik pengurus truk yang ditabrak sebelum truk tercebur tidak dapat diasuransikan karena bukan merupakan kendaraan penumpang.

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

“Hanya masalah soal motor yang sebelumnya ditabrak truk tidak bisa diklaim asuransi. Karena bukan kendaraan penumpang,” tuturnya.

Ia mengaku tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian yang dialami terkait pagar pembatas yang rusak akibat ditabrak truk, nantinya akan di klaim kepada pemilik kendaraan.

“Pagar yang hancur, nanti kami akan klaim ke pihak pemilik kendaraan,” tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Sebuah truk puso kecebur ke laut sesaat sebelum masuk KMP Virgo 18 di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (13/8/2021). Kecelakaan laut itu terjadi sekitar pukul 12.10 WIB. Truk yang mengangkut pakan ternak bermuatan 22 ton ini diduga kecebur ke laut lantaran pedal gas lengket atau tersangkut. (Ronald/Red)