Pakan ternak muatan dari truk yang tercebur ke laut saat di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (13/8/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sebuah truk puso kecebur ke laut sesaat sebelum masuk KMP Virgo 18 di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (13/8/2021). Kecelakaan laut yang terjadi sekitar pukul 12.10 WIB diceritakan oleh seorang pedagang, Uni Emi (61) yang berada di lokasi kejadian.

Uni bercerita, dirinya saat kejadian tengah duduk di Bangunan Operator Jembatan Dermaga atau Moveable Bridge (MB). Truk saat itu berada di antrean baris ketiga paling kanan.

Uni kaget, saat truk mendapat giliran masuk kapal langsung tiba-tiba tancap gas dengan kencang. Padahal saat itu, kondisi kendaraan tidak sedang padat dan berebutan masuk.

“Truk itu ada baris ketiga. Nah pas dapat giliran masuk, dia langsung ngegas. Biasa lah kayak truk berebutan masuk gitu. Cuman truk waktu itu nggak ramai antreannya, normal saja,” ujarnya di lokasi kejadian.

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

Umi makin kaget truk itu tidak belok kanan masuk ke kapal. Truk malah melaju lurus ke arah laut.

“Saya kaget, loh loh loh. Nggak lama langsung nyebur ke laut,” tuturnya.

Saat kejadian truk hanya ditumpangi satu penumpang yakni sopir. Pasca kejadian, Uni meminta bantuan anak selam untuk menolong sang sopir.

“Saya langsung teriak ke anak selam, tolongin itu sopirnya,” ungkap dia.

Ia kembali menceritakan, sebelum truk kecebur ke laut menabrak sebuah motor dari salah satu pengurus truk. Motor itu turut tercebur bersama dengan truk.

“Habis nabrak, motor juga ikut kecebur,” terang pedagang yang tinggal di Lingkungan Suka Senang, Kelurahan Tamarsari, Kecamatan Pulomerak ini.

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

Pantauan Selatsunda.com di lokasi, posisi truk sudah tenggelam di dasar laut. Beberapa petugas di lokasi tengah mengangkut karung makanan pakan, muatan dari truk tersebut yang mengambang. Tampak terlihat muatan tidak lagi berada di sekitar lokasi truk tercebur. Sejumlah muatan terlihat terpencar-pencar.

Belakangan diketahui, truk tersebut bernomor plat BG 8352 UK dan dikendarai oleh Dedi Susanto. Truk mengangkut muatan pakan ternak seberat 22 ton. Sementara untuk kendaraan motor yang ditabrak berjenis Yamaha BBP dengan nomor plat A 2157 TB milik pengurus truk bernama Safari.

Kasus laka tersebut saat ini ditangani Mapolsek Kawasan Pelabuhan Merak dan truk akan dievakuasi.

“Sedang kita tangani kejadiannya. Kita juga mau evakuasi truknya,” ujar Kapolsek KP Merak, AKP Deden Komarudin. (Ronald/Red)