Petugas mengecek kapal sandar di Dermaga 05B, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Banten, Rabu (4/3/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – General Manajer PT Pelindo II Banten, Agus Hendrianto menyatakan aktivitas logistik di Pelabuhan Ciwandan berjalan normal seperti biasa meski saat ini di Indonesia merebak virus corona.

Agus mengutarakan, kunjungan kapal pasca merebaknya virus corona tetap berjalan normal. Ia menyatakan, operasional bongkar muat saat kapal sandar juga tidak terganggu.
Perharinya, rata-rata kujungan kapal sekitar 6 sampai 7 kapal.

“Yang jelas terkait logistik, masih nornal. Kunjungan normal, bongkar muat normal, impor juga normal. Mudah-mudahan masih berjalan baik terus,” terang dia.

Agus menyatakan, biasanya arus barang yang masuk di Pelindo Banten dari beragam negara. Mayoritas barang adalah curah kering.

“Di Pelindo ini curah kering impor dan general cargo,” tandasnya.

Sementara, Dawud, Asisten Deputi GM, Pengendalian Mutu dan PFSO (Port Facility Security and Officer) PT Pelindo II Banten menambahkan, barang yang masuk ke pelabuhan didominasi barang impor. Kebanyakan barang diimpor dari Austalia, Ukraina, India dan Pakistan.

“Biasanya barang disini terdiri dari jagung, gula, gandum, pakan ternak. Dan ada juga batubara,” ungkapnya.

Ia menyatakan, sejak merebak virus corona, manajemen PT Pelindo II Banten sudah melakukan upaya antisipasi di internal perusahaan. Antisipasi itu dilakukan dengan mewajibkan seluruh pekerja di pelabuhan untuk menggunakan masker. Selain itu, perusahaan juga mengimbau pekerja untuk melakukan pola makan sehat dan cuci tangan dengan air bersih ataupun antiseptik.

Ia menyatakan, pihaknya selain antisipasi di internal juga melakukan upaya peningkatan kewaspadaan dengan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten. Pihak otoritas kesehatan, kata dia, telah terus menerus melakukan sosialisasi peningkatan kewaspadaan terhadap virus corona.

“Di kita sendiri, diimbau kepada kawan-kawan di operasional dengan menggunakan masker. Selain menyediakan masker, kita mengadakan sosialisasi dengan mengundang KKP Banten. Kita juga menyediakan masing-masing ruangan dengan cuci tangan dengan antiseptik,” terang dia.

Pantuan di Pelabuhan Ciwandan, aktivitas bongkar muat berjalan normal meski kondisi turun hujan. Petugas di lapangan yang mengecek aktivitas tampak menggunakan masker dan Alat Pelindung Diri. Terlihat kru kapal yang kapalnya sandar di
Dermaga O5B juga menggunakan masker. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here