Wakil Ketua I DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik. Foto ; Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sebanyak 23 pejabat tinggi pratama di Pemerintahan Kota Cilegon dijadwalkan mengikuti tes wawancara untuk mutasi rotasi jabatan. Tes ini pun mendapat kritikan dari Wakil Ketua DPRD Cilegon, Hasbi Sidik.

Wakil Ketua DPRD Hasbi heran mengapa rotasi mutasi jabatan pimpinan tinggi di Pemkot Cilegon harus dilaksanakan tes wawancara. Padahal, Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang mempunyai hak prerogatif tinggal memutuskan saja dengan saran dan masukan dari Baperjakat.

“Biasanya kalau mau mutasi dipilih aja enggak usah bikin tes wawancara segala.  Kan ada Baperjakat. Enggak percaya amat dengan stafnya. Sekali lagi, secara aturan langsung aja mutasi. Memang kewenangan walikota nunjuk siapa yang pantas duduk di dinas tersebut. Enggak usah pake jadwal-jadwal segala,” kata Hasbi kepada Selatsunda.com dikonfirmasi, Selasa (24/8/2021).

Baca juga  Miris ! 7 KK di Cilegon Tinggal di Gubuk Beralas Triplek dan Tak Punya MCK

Menurutnya, tes itu hanya membuang waktu saja dan juga memboroskan anggaran.

Hasbi mengungkapkan, semestinya jabatan yang saat ini banyak kekosongan sesegera mungkin dilakukan pengisian jabatan. Kondisi jabatan yang saat ini diisi pejabat pelaksana tugas (Plt) sangat tidak baik untuk roda pemerintahan di Cilegon.

Kata Hasbi, akibat salah ambil kebijakan membuat kinerja pemerintahan menjadi lambat.

“Buat heboh aja pake tes wawancara segala. Anggaran dari mana itu? Yang jelas, dinas-dinas yang kosong ini butuh segera pimpinan. Sekarang saja banyak Plt (Pelaksana Tugas). Kalau kebanyakan Plt gak bagus juga. Langsung saja Plt itu di definitifkan. Terlalu lambat menentukan aplikasi di pemerintah pun lambat juga,” ujarnya.

Baca juga  Ribuan UMKM di Cilegon Belum Kantongi Sertifikat Halal

Diketahui, Pemkot Cilegon menjadwalkan  tes wawancara selama dua hari dari Selasa (24/8/2021) hingga Rabu (25/8/2021) yang digelar di salah satu hotel di Kota Cilegon.

Keduapuluh tiga pejabat yang dijadwalkan mengikuti tes wawancara pada hari pertama diantaranya Hayati Nufus, Tb Dikrie Maulawardhana, Ujang Iing, Rasmi Widyani, Bambang Hario Bintan, Ismatullah, Achmad Jubaedi, Wilastri Rahayu, Bukhori, Ahmad Azis Setia Ade Putra, Suparman dan Ridwan.

Sementara, tes pada hari kedua, Mahmudin, Teten Hertiaman, Andi Affandi, Syafrudin, Heni Anita Susila, Nikmatullah, Dana Sujaksani, Tatang Muftadi, Nur Fatmah dan Heri Mardiana. (Ully/Red)