Walikota Cilegon, Helldy Agustian tengah berbincang dengan perwakilan kader dalam acara kegiatan Singkornisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana Bangga Kencana yang digelar di Kecamatan Cibeber,” Kamis (9/9/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berencana akan menaikan honor 2.500 Kader Mandiri Cilegon. Honor kepada kader yang telah banyak membantu menyampaikan program pemerintah ini akan dinaikan pada 2022 mendatang.

Hal ini sampaikan Walikota Cilegon, Helldy Agustian dlam Kegiatan Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana Bangga Kencana yang digelar di Kecamatan Cibeber, Kamis (9/9/2021).

Helldy mengaku prihatin dengan honor yang diterima selama ini diterima kader. Menurutnya, honor Rp 200 ribu per 3 bulan yang diterima sangatlah kecil padahal kader telah berjasa membantu Pemkot hingga bertahun-tahun.

“Cukup prihatin dengan kondisi mereka (para kader) yang hanya menerima honor Rp 200 ribu per 3 bulan. Mereka udah berjasa membantu Pemerintah Kota Cilegon dalam mendata, memantau warga hingga mau terjun langsung ke warga memastikan kondisi warganya sendiri,” kata Helldy kepada Selatsunda.com.

Baca juga  KPU Cilegon Tindak Lanjuti PAW Anggota DPRD Meninggal Dunia

Helldy pun berjanji akan menaikan honor kader sebesar 50 persen seperti dalam janji politiknya.

“Insya Allah naik 50 persen di 2022 mendatang. Karena, 2021 ini anggaran masih di pemerintah sebelumnya bukan di pemerintah kami,” tambah Helldy.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, sejak 2018 lalu, para kader tidak mendapatkan honor. Namun lambat laun diberikan.

Ia mengakui, honor yang diterima kader saat ini masih jauh dari kesejahteraan. Mantan Sekretaris Dispora Cilegon ini berharap, Walikota Helldy bisa membantu untuk menaikan honor kader.  Karena kader merupakan ujung tombak yang membantu dalam menyampaikan program pemerintah.

“Karena pemerintah melihat para kader bekerja dengan penuh semangat dan ikhlas dalam membantu pemerintah, pemerintah akhirnya memberikan honor untuk mereka sebesar Rp 25.000. Kemudian, di 2019, pemerintah menaikan lagi honor mereka sebesar Rp 200 ribu per bulan. Dan karena Pak Wali (Helldy Agustian) berjanji akan naikan lagi honor para kader, otomatis di 2022, para kader akan menerima honor sebesar Rp 900 ribu per 3 bulan,” paparnya..

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

“Mereka ini ujung tombak pemerintah dalam rangka mensosialisasikan dan melaksanakan kegiatan. Bahkan, pada masa covid-19, para kader ini terjun langsung memastikan kondisi warganya katanya.

Sementara itu, Camat Cibeber, Noviyogi Hermawan mengaku sepakat dengan rencana kenaikan honor untuk para kader sebesar 50 persen tersebut.

“Kalau ada anggaranya kenapa enggak naik 100 persen. Karena tugas dan tanggung jawab mereka berat. Meskipun mereka enggak pernah ngeluh ke saya soal honor tapi sudah selayaknya para kader ini mendapatkan kenaikan honor tersebut,” pungkasnya. (Ully/Red)