Walikota Cilegon, Helldy Agustian menyerahkan dokumen Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 ke Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’Raj,” Senin (23/8/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menggelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, Pemkot Cilegon pada APBD 2022 merancang Pendapatan Daerah di 2022 sebesar Rp 1,878 Triliun. Sementara untuk target belanja daerah sebesar Rp 1,9 triliun.

Selanjutnya, anggaran belanja operasi sebesar Rp 1,82 triliun, belanja modal sebesar Rp 117,9 miliar, belanja tidak terduga sebesar Rp 3,475 miliar. Untuk disisi pos pengeluaran, Pemkot Cilegon merencanakan anggaran sebesar Rp 11 miliar. Sementara untuk dana cadangan direncanakan sebesar Rp 6 miliar.

Baca juga  PTM Berjalan Tiga Pekan, Dindik Cilegon Klaim Tak Temukan Klaster Sekolah

“Semua program kita diprioritaskan harus dilaksanakan, karena visi misi kita menjadi bagian RPJMD. Dan 2022 mendatang, APBD akan dicanangkan sebesar Rp 1,878 triliun,” ujar Helldy.

Kendati banyak program pemerintah, menurut Helldy, Pemkot Cilegon tidak kesulitan dalam mengalokasikan anggaran.

“Insya Allah semua bisa tercover. Karena secara anggaran per tahun kita mampu mencapai Rp 400 miliar per tahun. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya,” ujar Helldy.

Politisi Partai Berkarya ini pun menjelaskan, untuk mengenjot pendapatan baru, Pemkot Cilegon akan mengenjot sumber pendapatan dari Dinas Pariwisata (makan minum), Disperindagkop (UMKM).

“Selama ini kan hanya bersumber dari PJU dan PBB aja. Nah, nanti kita akan upayakan dua pendapatan baru ini bisa tercapai,” jelas Helldy.

Baca juga  Sejumlah Elit Politik Hadiri Pelantikan Partai Beringin Karya Cilegon

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Miraj menjelaskan, selanjutnya, DPRD melalui Badan Anggaran (Banggar) akan menggelar rapat gabungan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Selanjutnya akan dibahas secara bersama oleh Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Menurutnya, pembahasan Rancangan KUA PPAS akan dilakukan secara serius agar anggaran tahun 2022 mendatang bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat Cilegon, serta bisa menjawab tantangan pembangunan di Kota Cilegon. (Ully/Red)