Pembangunan RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang berada di Lingkungan Tegal bunder Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon,” Senin (8/11/2021). Foto istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon merencanakan akan membangun 3 Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada Tahun 2022 mendatang. Pembangunan tiga RTH akan menggunakan APBD Perubahan 2022 sebesar Rp 3 Miliar.

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Cilegon Nana Purnama mengatakan, ketiga RTH akan dibangun di 3 kelurahan yakni Kelurahan Panggung Rawi, Kelurahan Tegal Bunder dan Kelurahan Sukmajaya.

“RTH di Kelurahan Panggung Rawi alokasi anggaran yang dibutuhkan senilai Rp 1 miliar. Sedangkan untuk RTH di Kelurahan Sukmajaya Rp 500 juta dan Tegal Bunder senilai Rp 500 juta,” kata Nana kepada Selatsunda.com dikonfirmasi, Senin (8/11/2021).

Pada tahun ini, kata Nana, pihaknya telah membangun 1 RTH di wilayah Kelurahan Cibeber. Pemkot seiring itu pula membangun fasilitas wood climbing di Alun-alun Kota Cilegon untuk komunitas.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Disperkim secara bertahap merencanakan akan membebaskan lahan di 33 kelurahan pada 2023 mendatang. Hal itu untuk merealisasikan 43 RT di setiap kelurahan sesuai janji politik Walikota dan Wakil Walikota, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta.

“Kami di Cilegon ini tidak memiliki lahan untuk membangun, kami rencananya akan melakukan pembebasan lahan di 33 lokasi/kelurahan untuk RTH. Pembelian lahan warga ini rencananya akan dilakukan pada 2023 mendatang. Inilah yang sedang kami pikirkan agar pembangunan RTH tersebut bisa terealiasi sesuai dengan janji kampanye Helldy-Sanuji,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta menyatakan, Pemkot dalam merealisasikan RTH di 43 kelurahan tengah menggodok berbagai opsi.

“Iya ditata (tanah bengkok) kita akan membuat 43 ruang terbuka hijau di kelurahan. Salah satunya melalui itu (tanah bengkok),” imbuhnya. (Ully/Red)