Ratusan kendaraan truk memadati Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (15/5/2020) pagi tadi. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 3 dermaga di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon tidak dioperasikan dalam situasi pandemi Covid-19. Akibatnya, ratusan kendaraan truk logistik yang menyeberang mengalami kepadatan.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Nurhadi mengakui terjadi kepadatan kendaraan truk di Pelabuhan Merak. Namun kepadatan itu tidak di seluruh area dermaga dan hanya situasional.

Truk padat di dalam pelabuhan, kata dia, terjadi dua kali pada sekitar pukul 08.00 WIB dan pukul 12.00 WIB. Kepadatan juga tidak seluruh area parkir dermaga.

Ia mengungkapkan, pemerintah pada masa pandemi Virus Corona dan pemberlakuan larangan mudik memang mengurangi pengoperasikan dermaga. Dari seluruh dermaga di Pelabuhan Merak yang dioperasikan hanya 4 dermaga yakni dermaga 1,3, 5 dan eksekutif. Sementara 3 dermaga lain yakni dermaga 2, 4 dan 7 tidak dioperasikan.

“Dermaga 1 ada penuh (muatan), dermaga 2 itu kosong, di depan dermaga 4 tidak ada kendaraan, dermaga 5 penuh. Cuman di depan dermaga 5 (kendaraan) disekat, sehingga sampai keluar. Yang terjadi itu situasional, hanya sebentar saja,” ungkapnya.

Ia menyatakan, tidak seluruh area parkir diisi muatan karena 3 dermaga tidak dioperasikan. Begitu juga di kantong parkir, truk padat karena disekat agar muatan yang dibongkar di dermaga 5, lalu lintasnya tidak bersinggungan dengan yang akan muat.

“Karena ada kapal yang keluar sandaran. Kan dermaga 7 (sebelah dermaga 5) tidak dioperasikan. Dermaga 5 disekat dahulu, untuk jalannya kendaraan yang keluar. Setelab itu (kendaraan yang muat) masuk dermaga 5, disini, narik (kepadatan kendaraan di kantong parkir pintu tolgate) lah,” tandasnya.

Pengurangan dermaga yang dioperasikan, kata sia, juga berkaitan dengan pengurangan jumlah kapal. Kapal saat ini hanya di operasikan 17-18 kapal dari hari normalnya sebelum pademi Covid-19 sebanyak 27-28 kapal.

“Kapal yang beroperasi 17-18 kapal,” tandasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here