Kondisi permukiman warga di salah satu kecamatan di Cilegon, Banten, terendam banjir," Sabtu (3/4/2024). Foto Dokumentasi BPBD Cilegon

CILEGON, SSC – Sebanyak 377 kepala keluarga (KK) dari 4 kecamatan di Kota Cilegon terendam banjir, pada Sabtu (3/2/2024). Air merendam permukiman warga hingga perusahaan dengan ketinggian variatif.

Kepala BPBD Kota Cilegon, Suhendi mengatakan, ketinggian permukaan air dari 30 centimeter hingga diatas dada orang dewasa. 4 Kecamatan yang terendam banjir, yakni, Kecamatan Grogol, Kecamatan Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Purwakarta.

“Untuk Kecamatan Grogol ada 274 KK dengan total 401 jiwa, Kecamatan Ciwandan ada 102 KK dengan total 408 jiwa dan Kecamatan Purwakarta 1 KK dengan 5 jiwa,” kata Zilyasri kepada Selatsunda.com,” Sabtu (3/2/2024).

Zil menambahkan, selain banjir, terjadi juga pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Purwakarta, Kelurahan Kebon Dalem.

Baca juga  Sambut Idul Adha 2024, Krakatau Steel Serahkan Bantuan 211 Hewan Kurban

“Beruntung dari kejadian ini tidak ada korban jiwa,” tambahnya.

Senada dengan Suhendi, Kasi Kedaruratan BPBD Kota Cilegon, Zilyasri menjelaskan, ketinggian muka air yang menggenangi permukiman warga bervariasi antara 20 cm hingga 1 meter.

“Kalau ketinggian air bervariasi, ada yang 20 cm sampai 1 meter lebih,” katanya.

Petugas BPBD masih melakukan pendataan dan terkait jumlah warga terdampak banjir. Saat ini petugas BPBD masih menyisir lokasi terdampak banjir untuk mengevakuasi warga. (Ully/red).