Ilustrasi (Sumber foto net)

CILEGON, SSC – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, tidak tertutup kemungkinan dari 451 Bakal Calon Anggota Legislatif (bacaleg) yang ditetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) serta merta lolos pada tahapan berikutnya. Caleg yang Memenuhi Syarat (MS) itu dapat saja gugur dan berubah status menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bilamana ada tanggapan masyarakat yang menyatakan bermasalah.

Diketahui, dari 465 bacaleg yang mendaftar Anggota DPRD Cilegon Pemilu 2019 ini, 451 bacaleg diantaranya telah ditetapkan MS sementara 14 bacaleg lainnya TMS. Setelah tahapan penetapan DCS, masyarakat kemudian diberi kesempatan untuk memberikan saran dan masukan mulai 12 hingga 21 Agustus 2018 sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2017.

“Jadi mekanismenya, tidak serta merta dengan adanya tanggapan masyarakat itu, kita langsung coret. Jadi ketika ada tanggapan satu atau lebih calon pada KPU, KPU kemudian bersurat ke partai politik. Kemudian partai politik mengklarifikasi diinternalnya dengan bacaleg yang bersangkutan. Hasil ktatifikasi itulah yang kemudian kita terima,” ungkap Irfan dikonfirmasi, Senin (13/8/2018).

Pasca adanya tanggapan masyarakat terkait caleg MS yang bermasalah, kata Irfan, KPU akan mengklarifikasi kepada parpol. Bila terbukti bermasalah, Parpol diberi kesempatan untuk mengganti dengan bacaleg lain.

“Bisa jadi (caleg MS menjadi TMS) kalau parpolnya berdasarkan rekapan itu diproses parpol, kemudian parpol mau ganti, bisa saja diganti,” paparnya.

Kesempatan untuk mengganti caleg, kata Irfan, disampaikan saat proses klarifikasi. KPU akan meminta klarifikasi ke parpol mulai tanggal 22 sampai 28 agustus. Kemudian, Parpol diberi kesempatan untuk mengganti caleg selama 3 hari pasca klarifikasi.

“KPU menyampaikan permintaan klarifikasi dari partai politik dari tanggal 22 sampai 28 agustus. Tanggal 29 sampai 31 agustusnya, klarifikasi dari parpol ke KPU. Disitulah parpol dikasih kesempatan mau ganti (caleg) atau tidak,” terangnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here