Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto dan warga memberi salam jempol saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (25/8/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1994 Batalyon Tunggal Panaluan yang bertugas di jajaran Polda Banten melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim yang ada di sekitar Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (25/8/2021). Pelaksanaan yang digelar di Pelabuhan Paku, Anyer ini menyasar 1.000 orang sasaran.

Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto. Kapolda meninjau didampingi Kepala SPN Mandalawangi Polda Banten, Kombes Pol Noffan Widyayoko serta Dirpolairud Banten, Kombes Pol G Riahard Gultom.

Kepala SPN Mandalawangi Polda Banten, Kombes Pol Noffan Widyayoko yang juga Ketua panitia Alumni Akpol 1994 Batalyon Tunggal Panaluan mengatakan, vaksinasi digelar dalam rangka membantu pemerintah melakukan percepatan program vaksinasi nasional.

Baca juga  Demo Hari Tani, Mahasiswa Cilegon Soroti Lahan Pertanian Menyusut Akibat Industri

Vaksinasi juga dilaksanakan sekaligus wujud pengabdian para alumni Akpol 1994 Batalyon Tunggal Panaluan selama 27 tahun. Karena alumni melihat banyak masyarakat yang belum divaksinasi.

“Ini salah satu kepedulian kami membantu pemerintah agar masyarakat bisa herd immunity melawan Covid-19,” ujarnya.

Selain masyarakat maritim, kata Noffan, vaksinasi juga menyasar kepada pegawai perusahaan sekitar Anyer. Sedikitnya, pelaksanaan suntik vaksin Sinovak dosis pertama ini menyasar kepada 1.000 sasaran.

“Ini digelar di Pelabuhan Paku, karena disini tingkat masyarakat yang belum divaksin cukup banyak. Dan banyak juga perusahaan disini, karyawan yang belum divaksin,” paparnya.

Sementara, Dirpolairud Banten, Kombes Pol G Riahard Gultom menambahkan, pelaksanaan itu dikhususkan menyasar masyarakat maritim. Karena cukup banyak yang belum divaksinasi.

Baca juga  Jelang Pemilu 2024, Partai-partai baru Sowan ke KPU Cilegon

Ia mengungkapkan, pihaknya dalam mempercepat akselerasi vaksinasi akan kembali menggelar suntik vaksin dosis kedua pada bulan depan.

Dirpolairud mengimbau, agar masyarakat tidak takut dan ragu untuk divaksin. Vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh (herd immunity) agar terbebas dari bahaya Covid-19.

“Saya menghimbau masyarakat kita khususnya masyarakat nelayan dan maritim untuk jangan takut divaksin. Karena vaksin itu untuk mencegah virus corona,” tuturnya.

Diketahui, Alumni Akpol 94 di wilayah Polda Banten selain melaksanakan vaksinasi di Pelabuhan Paku juga membagikan paket sembako. Paket sembako dibagikan dalam bentuk voucher kepada masyarakat. Di mana voucher dapat ditukarkan ke waralaba yang ada di wilayah Anyer. (Ronald/Red)