Anak perusahaan PT Krakatau Steel teken MoU dengan Kejari Cilegon,Senin (20/2/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – PT Krakatau Steel (KS) beserta 10 anak perusahaannya menjalin penandatanganan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon dalam hal pendampingan hukum, Selasa (20/2/2023) malam.

Hadir dalam Penandatangan MoU ini, Direktur SDM PT Krakatau Steel, Sriyani Puspa Kinasih, para direktur utama dan jajaran direksi dari PT Krakatau Sarana Industri, PT Krakatau Baja Konstruksi, PT Krakatau Engineering, PT Krakatau Sarana Industri, PT Krakatau Baja Konstruksi beserta Bapelkes Krakatau Steel, Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon Ineke Indraswati, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara dan Tim Jaksa Pengacara Negara Kejari Cilegon.

Direktur SDM PT Krakatau Steel, Sriyani Puspa Kinasih mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini dalam hal bidang hukum diantaranya menyelesaikan persoalan piutang, pengadaan barang dan jasa, menyelesaikan persoalan aset, lahan agar terhindar dari nepotisme.

Baca juga  Sambut Idul Adha 2024, Krakatau Steel Serahkan Bantuan 211 Hewan Kurban

“Kita (KS) melakukan mitra dengan Kejari Cilegon bertujuan untuk membantu kita serta melakukan pendampingan hukum agar kita bisa berjalan sesuai dengan koridor-koridor yang aman,” kata Sriyani kepada awak media usai MoU.

Sri menambahkan, Krakatau Steel sebelumnya sudah bekerjasama, hanya saja butuh revitalisasi. Nantinya, kata dia, kaitan dengan pendampingan dalam konteks mengoptimalkan fungsi Kejaksaan menjadi pengacara negara yang akan membantu melaksanakan tugas perseroan.

“Misalnya mendampingi jika ada kerja sama atau misalnya pelaksanaan tender, kemudian juga dibutuhkan ketentuan hukum,” tuturnya

Sriyani menjelaskan, dengan dijalinnya MoU diharapkan anak usaha KS dapat menjalankan usahanya kedepan sesuai koridor hukum yang berlaku. Dengan begitu akan semakin lebih baik.

Baca juga  Penyelundupan Benih Lobster Diungkap Lanal Banten, 77 Ribu Ekor Diamankan

“Misalnya yang kami lakukan ke depannya itu bisa mendapatkan semacam pendampingan, ketika sudah didampingi kami benar-benar berada dalam koridor yang sesuai aturan regulasi dan akibat tindakan preventif, artinya kami akan semakin lebih baik lagi kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon Ineke Indraswati menuturkan, kerja sama ini didedikasikan untuk membantu 10 anak perushaan PT KS dalam menyelamatkan uang negara, penyelamatan aset hingga persamalahan hutang piutang. Karena itu, PT Krakatau Steel (Persero) menjadikan Kejari sebagai pengacara negara.

“Pada 2022 lalu, kita berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 194 miliar. Sedangkan di PT KBK sebesar Rp 113 miliar. Kita berharap, dengan kerjasama antara PT KS dan Kejari Cilegon ini mampu meminimalisir resiko-resiko tindakan korupsi,” tuturnya. (Ully/Red)