Kantor DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Sekretariat Dewan Kota Cilegon bakal mengucurkan dana hingga Rp 119 juta  untuk pengadaan pakaian dinas 40 anggota dewan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Cilegon masa periode 2019-2024 mendatang.

Anggaran ini untuk pengadaan pakaian 1 set PSL (Pakaian Sipil Lengkap). Pakaian dinas dewan ini sudah diatur dalam Kementerian Dalam Negeri RI melalui Permendagri Nomor 6 Tahun 2016.

Demikian disampaikan Kabah Umum DPRD Kota Cilegon, Andrianti mengatakan, DPRD sudah menyediakan anggaran tersebut dari APBD reguler 2019.

“Anggarannya sih sudah ada. Kita (DPRD,red) tinggal menunggu saja keputusan dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk penetapan 40 anggota dewan yang akan dilantik ini. Setelah nama-nama kita dapatkan, barulah kita memanggil 40 anggota dewan terpilih untuk dilakukan pengukuran seragam tersebut,” kata Andrianti kepada Selatsunda.com di kantornya,” Senin (12/8/2019).

Tak hanya menerima 1 set pakaian dinas, anggota dewan yang telah ditetapkan juga akan menerima pin DPRD seharga Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu. Penyediaan itu akang menggunakan sebesar Rp 14 juta.

“Jadi total keseluruhan yang kami sediakan untuk pelantikan 40 dewan sebesar Rp 200 juta,” lanjutnya.

Masih kata Andrianti, selain memperoleh 1 set pakaian dinas dan aksesoris lainnya, DPRD juga telah mengajukan anggaran kembali untuk 3 set pakaian dinas lainnya. Yakni, PSR (Pakaian Sipil Resmi), Pakaian Dinas Harian) dan PSH (Pakaian Dinas Harian) dengan total anggaran sebesar Rp 199 juta.

“Untuk masing-masing anggota dewan sih dapatnya kecil hanya Rp 2,6 juta aja. Dan semua anggaran tersebut bersumber dari APBD Kota Cilegon reguler 2019 dan APBD murni 2020 mendatang,” ucap wanita berkacamata.

Berikut rincian pakaian dinas para anggota dewan seperti termuat dalam Permendagri Nomor 6 Tahun 2016:

1. Pakaian dinas harian (PDH) – PDH warna khaki, dipakai Senin dan Selasa – PDH putih-hitam, dipakai Rabu
2. Pakaian sipil harian (PSH)
3. Pakaian sipil resmi (PSR), dipakai sesuai acara
4. Pakaian sipil lengkap (PSL), dipakai sesuai acara (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?